visitaaponce.com

Kolombia Sita Ribuan Sirip Hiu yang akan Dikirim ke Hong Kong

Kolombia Sita Ribuan Sirip Hiu yang akan Dikirim ke Hong Kong
Ilustrasi.(AFP/Armada Nacional.)

RIBUAN sirip hiu disita oleh otoritas Kolombia. Sirip hiu itu akan dikirim secara ilegal ke Hong Kong.

"Bogota menyita 3.493 sirip hiu dan 117 kilogram kantung ikan yang sedang dalam perjalanan ke Hong Kong," kata kepala kementerian lingkungan Carolina Urrutia. Hasil tangkapan menyoroti permintaan sirip hiu yang terus berlanjut, disajikan dijamuan pernikahan di beberapa komunitas Tiongkok dan secara keliru diyakini memiliki khasiat obat.

Sirip-sirip tersebut, yang diambil dari 900 hingga 1.000 hiu berukuran hingga lima meter, ditemukan pada Jumat (24/9) di lima kotak di bandara tersibuk di Bogota, El Dorado. Diambil lebih dari tiga spesies hiu, siripnya kemungkinan dipanen dalam penangkapan ikan ilegal, imbuh Urrutia, sekaligus mengutuk kerusakan lingkungan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistem laut Kolombia.

Polisi nasional akan menangani penyelidikan. Penangkapan ikan hiu telah dilarang di Kolombia--sebagai rumah bagi 76 dari 500 varietas hiu yang diketahui--sejak 2020 dalam upaya untuk membendung perdagangan sirip Asia. Penjualan dan konsumsi sirip hiu tidak ilegal di Hong Kong tetapi harus dilisensikan dan tetap populer meskipun bertahun-tahun berkampanye.

Baca juga: Hong Kong Sita 26 Ton Potongan Sirip Hiu Selundupan

Beberapa predator puncak paling vital di lautan, populasi hiu telah hancur selama beberapa dekade terakhir. Soalnya, sirip dan industri penangkapan ikan sebagai penyebab utama. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat