visitaaponce.com

AS Kecam Tiongkok Gagal Dukung Aksi Iklim Global

AS Kecam Tiongkok Gagal Dukung Aksi Iklim Global
PM Inggris Boris Johnson (kiri), PM India Narendra Modi, Sekjen PBB Antonio Guterres saat menghadiri Konferensi Perubahan Iklim PBB COP26.(AFP/Christopher Furlong.)

SEORANG pejabat tinggi AS pada Senin (1/11) mengecam kegagalan Tiongkok untuk mendukung tindakan global dalam mengelola krisis iklim. Presiden Xi Jinping ialah salah satu nama penting yang hilang di konferensi besar PBB itu. Acara itu berlangsung selama dua minggu dari Senin.

Penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, Jake Sullivan, mengatakan sebagian besar dunia akan menandai kemajuan pada KTT iklim COP26 di Glasgow. Ini berkat dorongan energi yang nyata selama 2021.

"Sekarang pertanyaannya yaitu bisakah kita menyelaraskan dunia?" tanya Sullivan di atas Air Force One yang akan segera mendarat di Skotlandia.

"Ada negara berbeda yang signifikan," katanya kepada wartawan. "Salah satunya ialah Tiongkok yang tidak akan punya wakil di tingkat pemimpin di COP26 dan kami yakini memiliki kewajiban untuk meningkatkan ambisi yang lebih besar saat kami maju."

Baca juga: Es Greenland Mencair Ekstrem Perbesar Risiko Banjir Global

"Kami akan terus menekan itu," katanya. Ia menyebut kontras antara upaya AS di bawah Biden untuk memerangi perubahan iklim dan yang dia sebut sebagai sikap pasif Tiongkok yang membingungkan. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat