visitaaponce.com

Indonesia-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Hijau

Indonesia-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi Hijau
PM Inggris Boris Johnson menjadi pembicara di COP26 UN Climate Change Conference, Glasgow, Scotlandia, Senin (1/11).( Steve Reigate / various sources / AFP)

PRESIDEN Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, di sela-sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11).

Penguatan kerja sama ekonomi hijau menjadi topik utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Jokowi mengungkapkan Indonesia tengah membangun kawasan industri hijau terbesar di dunia serta industri kendaraan listrik.

Ia pun mengajak PM Johnson untuk masuk dan memanfaatkan peluang yang ada di Tanah Air.

"Saya ingin memfokuskan hubungan kita pada kerja sama ekonomi hijau. Investasi hijau dan teknologi yang terjangkau adalah kunci transisi ekonomi," ujar Jokowi.

Mendengar penjelasan tersebut, Johnson mengaku pihaknya sangat tertarik untuk melakukan investasi di Nusantara.

Ia bahkan akan mempersiapkan kredit ekspor yang dapat digunakan untuk mendukung kerja sama transisi ekonomi dengan Indonesia.

Ke depan, pertemuan bilateral kedua pemimpin negara tersebut akan ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis guna menyusun daftar kerja sama yang diprioritaskan serta berbagai model pendanaan yang memungkinkan. (Pra/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat