visitaaponce.com

Jumlah Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui 900.000 Kasus

Jumlah Kematian akibat Covid-19 di AS Lampaui 900.000 Kasus
Pemakaman ilustrasi(AFP/MICHAEL DANTAS )

JUMLAH akibat pandemi covid-19 di Amerika Serikat melampaui 900.000 kasus pada Jumat (4/2), menurut pelacak virus korona Universitas Johns Hopkins.

Korban tewas mencapai 800.000 orang pada pertengahan Desember, hanya satu setengah bulan yang lalu.

Kasus baru yang terkait dengan varian omikron turun, tetapi kematian harian masih meningkat, dengan rata-rata mencapai 2.400 kasus sekarang.

"Rawat inap tetap tinggi, memperluas kapasitas perawatan kesehatan dan tenaga kerja kami hingga batasnya di beberapa wilayah negara," kata Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Kematian akibat covid-19 biasanya terjadi beberapa minggu setelah pasien terkena virus, yang menjelaskan mengapa lonjakan kematian terjadi lebih lambat daripada lonjakan kasus baru.

Baca juga: Australia Catat Peningkatan Kasus Kematian Akibat Omikron Mencapai 56 Orang

Warga Amerika terus meninggal akibat covid-19 dalam jumlah besar karena hanya 64% populasi yang divaksinasi lengkap, meskipun vaksin yang sangat efektif tersedia secara luas.

Amerika Serikat memiliki kasus kematian covid-19 terbanyak secara absolut, di depan Brasil dan India, menurut angka pemerintah.

Pandemi covid -19 telah menewaskan sedikitnya 5,7 juta orang di seluruh dunia sejak dimulai pada Desember 2019, menurut penghitungan AFP yang diterbitkan pada Jumat.

Tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jumlah korban sebenarnya bisa dua hingga tiga kali lebih tinggi dari yang dilaporkan.(France24/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat