visitaaponce.com

Pemimpin Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Tutup Usia

Pemimpin Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Tutup Usia
Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev(AFP/DAVID GANNON)

MIKHAIL Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, meninggal dunia di Moskow di usia 91 tahun. Hal itu dkiumumkan kantor-kantor berita Rusia, Selasa (30/8).

"Mikhail Sergeyevich Gorbachev meninggal dunia pada sore ini setelah lama mengidap penyakit serius," ungkap Rumah Sakit Pusat di Moskow dikutip kantor berita Interfax, TASS, dan RIA Novosti.

Gorbachev, yang menjabat antara 1985 dan 1991, dan membantu mencairkan hubungan Uni Soviet dan Amerika Serikat (AS) merupakan pemimpin era Perang Dingin terakhir yang masih hidup.

Baca juga: Lagi, Rudal Hantam PLTN Zaporizhzhia yang Dikuasai Militer Rusia

Dia menghabiskan dua dekade terakhir di luar kancah politik sembari tidak berhenti menyerukan kepada Kremlin dan Gedung Putih untuk berdamai setelah ketegangan kedua negara mencapai level Perang Dingin setelah Rusia menganeksasi Krimea pada 2014 dan kemudian melakukan invasi ke Ukraina pada awal tahun ini.

Gorbachev menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya keluar masuk rumah sakit seiring kesehatannya yang memburuk.

Gorbachev dicintai di dunia Barat, bahkan mendapatkan nama julukan Gorby, karena sukses meredakan ketegangan antara AS dan Uni Soviet pasa 1980-an serta membawa Eropa Timur keluar dari Tirai Besi.

Dia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 1990 karena memimpin negosiasi kesepakatan senjata nuklir dengan Presiden AS Ronald Reagan serta keputusannya tidak menerjunkan pasukan Uni Soviet kala Tembok Berlin dirobohkan, setahun sebelumnya.

Dia juga dipandang berjasa oleh negara-negara Barat karena memimpin reformasi yang menciptakan transparansi yang mempercepat robohnya Uni Soviet.

Hubungan dengan Putin

Gorbachev merupakan pemimpin Rusia pertama yang hidup hingga lebih dari sia 90 tahun. Dia mencapatkan ucapan selamat dari para pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Joe Biden dan mantan Kanselir Jerman Angela Merkel, saat berusia 90 tahun.

Di Rusia, Gorbachev tetaplah figur kontroversi dan memiliki hubungan yang tidak baik dengan Presiden Vladimir Putin.

Bagi Putin dan mayoritas warga Rusia, hancurnya Uni Soviet adalah sebuah tragedi karena menyebabkan kemiskinan massal dan merusak citra Rusia di tingkat dunia.

Banyak warga Rusia yang menyukai periode Uni Soviet dan Putin bertekad mengembalikan Rusia ke kejayaan era Uni Soviet.

Saat Uni Soviet runtuh, Gorbachev digantikan oleh Boris Yeltsin, yang menjadi presiden Rusia pertama pasca-Uni Soviet.

Sejak saat itu, Gorbachev tersingkir dari kancah politik dan memutuskan mendedikasikan diri untuk proyek pendidikan dan kemanusiaan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat