visitaaponce.com

Pemimpin Tertinggi Iran Tuding Musuh-Musuh Terlibat dalam Protes

Pemimpin Tertinggi Iran Tuding Musuh-Musuh Terlibat dalam Protes
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada 12 Oktober 2022 menunjukkan dia berbicara di depan anggota Dewan Kebijaksanaan.(AFP/Khamenei.ir.)

PEMIMPIN tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Rabu (12/10) mengatakan musuh-musuh terlibat dalam kekerasan jalanan yang meletus bulan lalu atas kematian Mahsa Amini. 

Khamenei telah menuduh Amerika Serikat, Israel, dan agen mereka mengobarkan kerusuhan yang dipicu oleh kematian Amini setelah penangkapannya karena diduga gagal mematuhi aturan berpakaian ketat republik Islam itu untuk wanita.

"Hari ini semua orang mengonfirmasi keterlibatan musuh dalam kerusuhan jalanan ini," kata Khamenei, Rabu, dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan Dewan Kebijaksanaan, badan penasihat. 

"Tindakan musuh, seperti propaganda, mencoba memengaruhi pikiran, membangkitkan semangat, mendorong, dan bahkan mengajarkan pembuatan bahan pembakar sekarang benar-benar jelas," katanya tanpa mengidentifikasi musuh.

Sebelumnya, Rabu, pengadilan mengatakan telah mendakwa lebih dari 100 orang atas protes di provinsi Teheran dan Hormozgan. "Beberapa dari orang-orang ini ialah agen musuh atau bersekutu dengan musuh dan beberapa ialah orang-orang yang bersemangat," kata Khamenei.

"Otoritas peradilan dan keamanan harus melakukan tugas mereka dalam menangani agen musuh," katanya.

Sejak 16 September, puluhan orang--sebagian besar pengunjuk rasa tetapi juga anggota pasukan keamanan--tewas. Ratusan lain ditangkap di beberapa kota di seluruh negeri. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat