visitaaponce.com

Rusia Sasar Fasilitas Militer dan Energi Ukraina

Rusia Sasar Fasilitas Militer dan Energi Ukraina
Ilustrasi dampak serangan Rusia di Ukraina(AFP/DIMITAR DILKOFF)

RUSIA mengatakan telah meluncurkan serangan besar terhadap infrastruktur Ukraina. Sejumlah laporan korban tewas mencuat dari beberapa wilayah.

"Angkatan bersenjata Rusia terus menyerang dengan senjata berbasis udara dan laut jarak jauh presisi tinggi di fasilitas komando militer dan sistem energi Ukraina. Semua objek yang ditunjuk terkena," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan serangan itu dilakukan pada Senin (18/10), yang menargetkan fasilitas militer dan infrastruktur energi di seluruh Ukraina. Lewat serangkaian serangan ini, Moskow mengklaim telah berhasil menggagalkan upaya Ukraina untuk menembus pertahanan di wilayah Kherson selatan.

Salah satu daerah yang dihujani rudal Rusia yakni wilayah Sumy. Gubernur provinsi ini Dmytro Zhyvytsky mengatakan roket Rusia menewaskan tiga orang dan melukai sembilan lainnya.

"Pada Senin (17/10), pukul 5:20 pagi, tiga roket Rusia menghantam fasilitas infrastruktur sipil. Setidaknya tiga orang tewas. Sembilan terluka. Masih ada orang di bawah reruntuhan," kata Zhyvytsky.

Baca juga: Ukraina Sebut Iran Bertanggung Jawab atas Korban Kamikaze

Sementara Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal mengatakan serangan Rusia telah menghantam fasilitas energi di Sumy dan wilayah Dnipropetrovsk tengah. Kemudian tiga orang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Rusia di sebuah bangunan perumahan di Kyiv.

Wakil Kepala Kantor Presiden Ukraina Kyrylo Tymoshen mengungkapkan 19 orang telah diselamatkan dari pemukiman yang terkena serangan Rusia. Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskyi melaporkan beberapa kematian di seluruh negeri setelah serangan Rusia yang totalnya masih dikalkulasi. (AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat