visitaaponce.com

Rishi Sunak dan Boris Johnson Bidik Kursi Kosong PM Inggris

Rishi Sunak dan Boris Johnson Bidik Kursi Kosong PM Inggris
Foto kombiniasi mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak (kiri) dan mantan Perdana Inggris Boris Johnson (kanan).(Alberto Pezzali and Ben STANSALL / various sources / AFP)

KONTESTASI kepemimpinan untuk memilih Ketua Partai Konservatif Inggris (Tory) sekaligus perdana menteri berlanjut.

Dua tokoh yang diyakini akan maju sebagai kandidat, Rishi Sunak dan Boris Johnson, telah bertemu tatap muka.

Mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak memegang keunggulan awal karena dirinya sudah mengamankan dukungan dari setidaknya 100 anggota parlemen Tory.

Sementara Johnson, eks Perdana Menteri (PM) Inggris, dikabarkan juga memiliki cukup dukungan untuk masuk ke kontes kepemimpinan.

Sunak dan Johnson dikabarkan bertemu terkait rencana pengumuman resmi pencalonan diri mereka dalam kontes kepemimpinan.

Sejauh ini, tokoh yang baru mengumumkan pencalonannya secara resmi adalah Ketua Dewan Majelis Rendah House of Commons Penny Mordaunt.

Baca juga: Boris Johnson Berpeluang Kembali Jadi Perdana Menteri Inggris

Johnson mendarat di London setelah memutuskan mengakhiri liburannya di Karibia. Setibanya di London, Johnson langsung menemui Sunak yang keduanya pernah bekerja bersama di pemerintahan sebelumnya.

Situasi politik Inggris saat ini merupakan imbas dari pengunduran diri Liz Truss dari posisi PM Inggris.

Truss mengundurkan diri di saat menjabat posisi tersebut selama 45 hari, yang menjadikan dirinya sebagai PM Inggris dengan masa jabatan terpendek.

Menurut laporan Sunday Telegraph, Johnson dan Sunak bertemu untuk mendiskusikan kesepakatan tiket maju gabungan untuk menghindari terjadinya perang sipil di kalangan Tory.

Lee Anderson, salah satu anggota Tory, mengunggah foto di Johnson di Facebook dan mengaku mendukung mantan PM Inggris tersebut setelah "berbicara panjang mengenai masa lalu dan masa kini."

Priti Patel, mantan menteri dalam negeri Inggris, juga telah mengungkapkan dukungannya untuk Johnson.

Seorang tokoh yang ingin masuk kontes kepemimpinan ini harus mendapat dukungan dari setidaknya 100 anggota parlemen Tory.

Jumlah maksimal kandidat yang dimungkinkan adalah tiga, karena total anggota parlemen Tory saat ini berada di angka 357.

Melihat situasi saat ini, ada kemungkinan tiga kandidat yang akan maju adalah Penny Mordaunt, Rishi Sunak dan Boris Johnson.

Berbeda dari Rishi Sunak dan Boris Johnson, Penny Mordaunt adalah wajah baru yang relatif bersih dan memiliki rekam jejak yang cukup baik belakangan ini. (AFP/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat