visitaaponce.com

Boris Johnson Berpeluang Kembali Jadi Perdana Menteri Inggris

Boris Johnson Berpeluang Kembali Jadi Perdana Menteri Inggris
Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson.(Kirsty O'Connor / POOL / AFP)

MANTAN Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Inggris, Priti Patel mendukung Boris Johnson untuk kembali menduduki posisi Perdana Menteri (PM).

Ia menilai mantan bosnya itu merupakan kandidat terbaik untuk menggantikan Liz Truss yang telah mengundurkan diri.

Patel, politikus perempuan keturunan India, relatif diam dalam pemilihan ketua Partai Konservatif Inggris (Tory) sebelumnya yang mempertemukan Rishi Sunak dan Liz Truss. Namun kali ini, Patel secara terang-terangan mengungkapkan dukungannya.

Baca juga : Rishi Sunak dan Boris Johnson Bidik Kursi Kosong PM Inggris

Menurut Petel, Johnson masih mengemban mandat publik dari pemilihan umum 2019 untuk menepati berbagai janji untuk masyarakat pendukung Tory.

"Boris memiliki rekam jejak kuat. Ia terbukti telah mengambil keputusan tepat dalam beberapa isu besar. Saya mendukung dia dalam kontes kepemimpinan ini," tulis Patel via Twitter.

Intervensi Patel disampaikan di saat Johnson, 58, mendarat di London usai menghabiskan liburan di Karibia.

Baca juga : Boris Johnson Awali Kariernya Sebagai Jurnalis

Ia diyakini akan mengikuti kontes kepemimpinan untuk menghadapi tokoh terdepan saat ini, Rishi Sunak yang dikabarkan sudah mendapat dukungan dari 100 anggota parlemen.

Johnson mengundurkan diri enam pekan lalu setelah terjadinya serangkaian skandal dan pengunduran diri massal di jajaran menteri. Kendati begitu, Johnson masih tetap menjadi figur populer di sebagian politisi dan anggota Tory.

Seorang kandidat dalam kontes kepemimpinan kali ini harus terlebih dahulu mendapat dukungan dari 100 anggota parlemen Tory. Karena anggota parlemen Tory berjumlah 357, maka jumlah kandidat maksimal yang memungkinkan dalam kontes ini adalah tiga orang.

Baca juga : Inggris Minta Rusia Redakan Ketegangan dengan Ukraina

Jika hanya ada satu kandidat yang memenuhi syarat, maka Inggris bisa mendapat perdana menteri baru paling cepat pekan depan.

Namun jika ada setidaknya dua kandidat, maka 170.000 anggota Tory akan mengikuti pemungutan suara daring untuk memilih pemimpin baru pada Jumat mendatang.

Sejauh ini, tokoh yang telah resmi mengumumkan pencalonannya dalam kontes adalah ketua dewan majelis rendah House of Commons Penny Mordaunt. Sunak, dan Johnson belum mengeluarkan pengumuman resmi. (The Week/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat