visitaaponce.com

Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Halloween di Korsel

Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Halloween di Korsel
Bendera nasional Korea Selatan berkibar setengah tiang di kompleks pemerintah di Seoul pada 30 Oktober 2022.(AFP/Jung Yeon-je.)

PARA pemimpin internasional menyatakan belasungkawa setelah setidaknya 22 warga negara asing dari 12 negara termasuk di antara mereka yang tewas dalam gelombang massa mematikan di distrik Itaewon, Seoul. Tempat ini merupakan kehidupan malam yang populer bagi warga Korea Selatan dan ekspatriat.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengumumkan masa berkabung nasional pada Minggu (30/10) setelah pesta Halloween menewaskan 151 orang di kawasan kehidupan malam yang padat. Mereka yang tewas dalam bencana Sabtu malam termasuk orang-orang dari Tiongkok, Iran, Rusia, Amerika Serikat (AS), Australia, Uzbekistan, Vietnam, Kazakhstan, Austria, Sri Lanka, Thailand, dan Norwegia. Ini dilaporkan pihak berwenang setempat.

Setidaknya empat warga negara Tiongkok termasuk di antara mereka yang tewas, kantor berita Xinhua melaporkan, seperti pernyataan kedutaan besar Tiongkok di Seoul. "Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, saya ingin menyampaikan belasungkawa mendalam kepada para korban dan tulus kepada keluarga mereka dan yang terluka," kata Presiden Xi Jinping dalam surat, menurut Xinhua.

Xi mengatakan kecelakaan itu juga menyebabkan warga Tiongkok lain terluka dan berharap Korea Selatan akan melakukan segala upaya untuk menyembuhkan dan menangani akibatnya. 

Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden mengirimkan belasungkawa mereka. Dia menulis, "Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua orang yang terluka."

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menulis dalam Twitter, "Semua pikiran kami dengan mereka yang saat ini menanggapi dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini."

Seorang warga Norwegia dipastikan tewas dalam gelombang massa itu, kata juru bicara kementerian luar negeri Norwegia, menolak untuk memberikan rincian usia atau identitas, dengan alasan kerahasiaan. "Saya sangat terpukul dengan berita tentang insiden mengerikan sehubungan dengan perayaan Halloween di Seoul," kata Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt dalam sebuah pernyataan.

"Belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman yang kehilangan orang yang mereka cintai. Pikiran saya bersama mereka yang terkena dampak tragedi ini."

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menulis lewat Twitter, "Saya memikirkan semua orang yang terkena dampak tragedi ini, dan berharap pemulihan yang cepat dan penuh bagi mereka yang terluka." (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat