visitaaponce.com

PM Korsel Minta Maaf atas Tragedi di Itaewon

PM Korsel Minta Maaf atas Tragedi di Itaewon
PM Korea Selatan Han Duck-soo(AFP/Jung Yeon-je)

PERDANA Menteri Korea Selatan (Korsel) Han Duck-soo meminta maaf atas tragedi yang terjadi di perayaan Halloween hingga menewaskan 156 orang. Pihaknya berjanji akan menangani kerumunan massa lebih baik lagi di kemudian hari.

"Kami akan menyiapkan pencegahan kecelakaan dan sistem kontrol keselamatan melalui penyelidikan terperinci tentang penyebabnya, untuk mencegah kecelakaan seperti ini terulang kembali," ujar Han.

Han menjelaskan terdapat kekeliruan saat penanganan di Itaewon. Pada hari yang sama dengan kejadian, aparat keamanan lebih memilih mencegah bentrokan demonstrasi di wilayah lain di Seoul.

Sehingga aparat keamanan dikonsentrasikan untuk mencegahnya dibandingkan menangani kerumunan di Itaewon.

"Ada banyak orang tetapi mereka tidak berkumpul untuk bertarung,” ucapnya.

Han mengatakan pemerintah akan mengevaluasi kembali struktur total keselamatan dan keamanan serta menyusun langkah-langkah yang tepat untuk mencegah kecelakaan kepadatan penduduk lainnya.

“Kita perlu merombak semuanya dan memprioritaskan keselamatan terlebih dahulu,” pungkasnya.

Baca juga: 2 WNI Korban Malam Halloween di Itaewon Sudah Pulih

Pihak berwenang mendapat kecaman karena lebih memilih mengerahkan banyak petugas polisi mengawasi demonstrasi skala besar pada Sabtu (29/10). Sementara di Itaewon yang dihadiri 100 ribu orang minim pengawasan.

Sementara Presiden Korsel Yoon Suk-yeol menyarankan penggunaan drone dan sarana digital lainnya untuk mengelola kerumunan dengan lebih baik di masa depan. Kepala Kepolisian Nasional Korsel Yoon Hee-keun juga menyampaikan permintaan maaf.

"Saya sangat meminta maaf kepada orang-orang bahwa kecelakaan baru-baru ini terjadi meskipun negara memegang tanggung jawab tak terbatas untuk keselamatan rakyat," tuturnya.

Ia kemudian menundukkan kepalanya untuk menegaskan permintaan maafnya. Dia juga bersumpah akan melakukan penyelidikan menyeluruh.

Sementara Wali Kota Seoul Oh Se-hoon dan Kepala Kantor Distrik Yongsan mengawasi Itaewon, Park Hee-young, berjanji akan mengambil tindakan untuk mencegah tragedi serupa terjadi lagi.

Permintaan maaf mereka datang setelah banyak laporan media yang menyalahkan pihak berwenang atas korban massal. Bahkan Presiden Korsel pun tak luput dari kritik.

Sebuah laporan mengklaim kantor polisi Yongsan kekurangan staf karena harus mengerahkan petugas untuk melindungi Yoon dan menjaga ketertiban pada protes antipemerintah.

Ratusan pengunjung acara Halloween di Itaewon terjebak dalam kerumunan di gang sempit yang menurun. Itu menyebabkan beberapa orang jatuh dan kekurangan oksigen.

Diketahui sebagain besar korban berusia 20 tahun dan 30 tahun. Korban tewas diperkirakan meningkat karena 33 orang terluka parah, sementara 124 lainnya menderita luka ringan.(The Strait Times/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat