visitaaponce.com

Polisi Korsel Diminta Bertanggung Atas Insiden Halloween di Itaewon

Polisi Korsel Diminta Bertanggung Atas Insiden Halloween di Itaewon
Staf medis mengangkut korban tewas Tragedi Pesta Halloween di Distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan.(AFP)

PRESIDEN Korea Selatan Yoon Suk-yeol membuka peringatan pada Senin (31/10) untuk 154 orang yang tewas dalam kerumunan massa pada perayaan Halloween.

Namun, pihak berwenang menghadapi tuduhan bahwa kebijakan pengendalian massa yang lemah menyebabkan bencana tersebut.

Setelah Presiden Yoon dan istrinya meletakkan bunga putih tunggal di altar besar yang didirikan di pusat Kota Seoul untuk para korban, yang kebanyakan wanita muda, dan anggota masyarakat pun mulai berdatangan untuk memberikan penghormatan.

Seorang pria berlutut di depan altar hitam, ditutupi deretan bunga putih yang rapi dan menangis.

Di sebuah monumen darurat di luar stasiun kereta bawah tanah di distrik kehidupan malam Itaewon yang populer, tempat tragedi itu terjadi, orang-orang juga berhenti untuk berdoa dan meletakkan bunga.

Seruan untuk siapa yang bertanggung jawab merebak pada hari Senin (31/10) di media dan online, karena potensi penyimpangan pengendalian massa dan kepolisian muncul.

Sebanyak 100.000 orang, kebanyakan berusia remaja dan 20-an, mengenakan kostum Halloween telah membanjiri jalan-jalan kecil dan berliku di Itaewon.

Baca juga: Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Halloween di Korsel

Namun saksi mata menggambarkan sedikit keamanan dan tidak ada kontrol kerumunan.

Polisi mengatakan pada pertemuan hari Senin (31/10) bahwa mereka telah mengerahkan 137 petugas ke acara tersebut, menunjukkan jumlah itu secara signifikan lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Tetapi laporan lokal mengatakan sebagian besar polisi yang dikerahkan difokuskan pada penggunaan narkoba, daripada pengendalian massa.

"Ini adalah bencana yang bisa dikendalikan atau dicegah," Lee Young-ju, seorang profesor dari Departemen Kebakaran dan Bencana di Universitas Seoul, mengatakan kepada penyiar YTN.

"Tapi ini tidak diurus, karena tidak ada yang bertanggung jawab sejak awal,"

Secara online, klaim juga menyebar bahwa polisi tahun ini tidak secara aktif mengelola kerumunan, yang memungkinkan terlalu banyak orang berkumpul di sekitar stasiun kereta bawah tanah dan di gang di pusat bencana.

"Saya sudah tinggal di Itaewon selama 10 tahun dan mengalami Halloween setiap tahun, tetapi kemarin tidak terlalu ramai dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," tulis pengguna Twitter @isakchoi312. "Pada akhirnya, saya pikir penyebab bencana itu adalah pengendalian massa,"

Pada hari Minggu (30/10), pemerintah juga membela rencana kepolisian.

"(Kehancuran) bukanlah masalah yang dapat diselesaikan dengan mengerahkan polisi atau petugas pemadam kebakaran terlebih dahulu," kata Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min dalam sebuah pengarahan.

Korea Selatan biasanya kuat dalam pengendalian massa, dengan aksi protes reguler di negara itu sering kali dijaga ketat sehingga petugas dapat melebihi jumlah peserta.

Tetapi penyelenggara protes harus secara hukum melaporkan rencana kepada pihak berwenang terlebih dahulu, tetapi tidak ada persyaratan seperti itu bagi orang-orang muda yang berbondong-bondong ke acara Halloween Itaewon. (AFP/Fer/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat