visitaaponce.com

Republik Pimpin Perolehan Suara Sementara Senat dan DPR AS

Republik Pimpin Perolehan Suara Sementara Senat dan DPR AS
Kandidat Senat Partai Republik Ted Budd(AFP/ Sean Rayford)

PENGHITUNGAN suara pemilu paruh waktu Amerika Serikat (AS) masih terus dilakukan. Partai Republik memimpin untuk menguasai DPR AS dengan 207 berbanding 184 dari syarat 218 kursi untuk memenangkannya.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, perebutan kursi senat antara Partai Republik tidak berbeda jauh dengan Demokrat. Untuk senat, Republik memimpin satu kursi dari Demokrat dengan 49 kursi.

Republik membutuhkan dua kursi lagi untuk memenangkan pertarungan dengan Demokrat dalam dominasi di senat. Sedangkan untuk pemilihan gubernur, di wilayah swing state seperti Arizona, Katie Hobbs dari Demokrat memenangkan pertarungan sementara dari Kari Lake.

Baca juga:  Lagi, Senator AS Berkunjung ke Taiwan

Di negara bagian North Carolina, Ted Budd kandidat senator dari Republik memimpin dengan perolehan 50,7% suara. Meski demikian, hasil dari pemilu paruh waktu ini akan secara resmi diumumkan sepekan ke depan.

Sementara itu, para kandidat yang menang akan memegang jabatan selama enam tahun, terhitung sejak 3 Januari 2023 hingga 3 Januari 2029. Pemilu paruh waktu menjadi ajang pertarungan memperebutkan pengaruh antara Demokrat dan Republik di kursi senat maupun kongres.

Tercatat ada 435 kursi di DPR dan 100 kursi di senat diperebutkan. Tak hanya itu, jabatan gubernur juga diperebutkan di 36 negara bagian, begitu pula dengan pemilihan anggota parlemen negara bagian, sekretaris negara bagian dan jaksa agung.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat