visitaaponce.com

Gelombang Covid-19, Pasien Lansia Penuhi Rumah Sakit di Shanghai

Gelombang Covid-19, Pasien Lansia Penuhi Rumah Sakit di Shanghai
Sejumlah pasien lansia yang terpapar covid-19 dirawat di rumah sakit wilayah Shanghai, Tiongkok.(AFP)

KONDISI batuk, mengerang dan terengah-engah menjadi gambaran kondisi sejumlah pasien lansia yang terpapar covid-19. Mereka terpaksa dirawat di koridor rumah sakit wilayah Shanghai, Tiongkok, ketika terjadi gelombang covid-19.

Di dua rumah sakit wilayah Shanghai, terlihat ratusan pasien covid-19, mayoritas kalangan lansia, berbaring di bangsal umum yang melebihi kapasitas.

Baca juga: Prancis Tes Pendatang Tiongkok untuk Melacak Varian Covid-19

Sejumlah lansia banyak yang dipasangi infus, monitor jantung atau oksigen, serta tampak kesulitan bernapas. Pasien lansia lainnya tampak tidak sepenuhnya responsif.

Adapun di rumah sakit lainnya, terlihat pertukaran infus antara pasien perempuan dan pasien pria yang lebih tua. "Aku di sini dulu," katanya.

"Aku di sini untuk mengambil jarum juga,” timpal pasien yang lain.

Bulan lalu, otoritas Tiongkok menghancurkan sejumlah pilar utama dari kebijakan zero covid-19. Serta, menghilangkan kebijakan lockdown, pengujian massal dan karantina negara bagian dalam hitungan hari.

Baca juga: Tiongkok Hadapi Kasus Kematian Covid-19 25.000 per Hari

Pembalikan tiga tahun pembatasan garis keras memicu kelegaan secara nasional. Akan tetapi di sisi lain, melepaskan semburan infeksi covid-19 pada sistem perawatan kesehatan negara yang tidak merata.

Bahkan di Shanghai, salah satu kota terkaya di Tiongkok, krisisnya sangat akut. Sekitar 70% dari populasi kota besar tersebut, setara dengan 18 juta orang, diperkirakan terinfeksi covid-19 sejak bulan lalu.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat