visitaaponce.com

RI-Malaysia Ingin Perjanjian Perbatasan Segera Rampung

RI-Malaysia Ingin Perjanjian Perbatasan Segera Rampung
Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Bogor, Jawa Barat.(AFP)

INDONESIA dan Malaysia sepakat untuk segera menyelesaikan pembahasan perjanjian perbatasan darat Segmen Sebatik dan Sinapad Sesai, serta perbatasan laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka.

Adapun draf final perjanjian tersebut ditargetkan bisa ditandatangani pada tahun ini. "Mengenai perbatasan, tadi kita telah bersepakat agar MOU perbatasan darat Segmen Sebatik dan segmen Sinapad Sesai dapat ditandatangani tahun ini," ujar Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1).

"Berikut, perjanjian laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka bagian selatan agar bisa disepakati tahun ini," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan PM Malaysia Anwar Ibrahim

Jokowi, sapaan akrabnya, turut mengapresiasi dukungan Malaysia terhadap perjanjian Flight Information Region antara Indonesia dan Singapura. Dengan adanya dukungan dari Negeri Jiran, proses penyesuaian area layanan navigasi di International Civil Aviation Organization (ICAO) dapat dilanjutkan dan diselesaikan.

Selain membahas perihal perbatasan, Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim juga membahas upaya penguatan sektor kelapa sawit yang merupakan industri penting bagi kedua negara.

Baca juga: PM Malaysia: Kami Punya Kepentingan di IKN

"Kita sepakat memperkuat kerja sama melalui Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC). Untuk meningkatkan pasar minyak kelapa sawit dan memerangi diskriminasi terhadap kelapa sawit," jelas Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, terkait perjanjian perbatasan, PM Anwar Ibrahim meyakini bahwa pembahasan ke depan tidak akan terlalu rumit. Oleh karena itu, dirinya berpendapat target selesai pada tahun ini sangat mungkin bisa dicapai.

"Hal-hal perbatasan tentu akan kita cermati dan implementasikan. Dari pengarahan yang saya terima, tidak terlalu rumit. Itu hanya perlu tekad yang jelas," pungkas Anwar.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat