visitaaponce.com

Peru Kembalikan 73 Koin Kuno Era Romawi ke Italia

Peru Kembalikan 73 Koin Kuno Era Romawi ke Italia
Sejumlah koin kuno dari Kekaisaran Romawi yang dikembalikan pemerintah Peru ke pemerintah Italia.(AFP/CRIS BOURONCLE)

PEMERINTAH Peru mengembalikan 73 koin kuno dari zaman Kekaisaran Romawi ke pemerintah Italia pada Kamis (9/3) waktu setempat.

Uang antik dari abad kedua dan keempat itu dikembalikan melalui Kedutaan Besar Italia oleh pemerintah Peru yang diwakili Kementerian Luar Negerinya.

Penemuan 73 koin tersebut diketahui terjadi pada 2021. Saat itu ada seorang warga Peru yang kedapatan membawanya di bandara internasional di Cusco yang menjadi pusat turis dan pintu masuk menuju reruntuhan kota Inca, Machu Piccu. Dia datang dari Italia.

Baca juga: Sebuah Kota Perdagangan Era Romawi Ditemukan di Inggris

Deputi Kementerian Luar Negeri Peru Ignacio Higueras mengatakan bahwa 73 koin yang ditemukan adalah bagian dari harta budaya Italia.

Ada 42 koin dari jumlah tersebut yang berasal dari abad kedua dan keempat. Lainnya, ada yang dari abad pertengahan, renaisans, dan bizantium di Italia. "Nilai sejarahnya 1.000 tahun lebih," kata Higueras seperti dilansir dari AFP.

Baca juga: Para Arkeolog Berupaya Merekonstruksi Sebuah Jalan di Era Kekaisaran Romawi

Kemudian di beberapa koin, ada yang menampilkan gambar warga Roma. Lainnya hanya memuat sejumlah huruf.

Kolonel Polisi Italia Lanfranco D'sibio mengatakan bahwa koin yang dikembalikan punya nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Dia mengapresiasi kerja sama internasional yang terjalin antara Italia dan Peru.

"Berkat kerja sama ini kita bisa memerangi tindak kejahatan pencurian aset budaya. Terima kasih untuk kemitraan antara Peru dan Italia, 73 koin ini akan pulang ke rumah," kata Duta Besar Italia untuk Peru Giancarlo Maria Curcio. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat