visitaaponce.com

Sebuah Kota Perdagangan Era Romawi Ditemukan di Inggris

Sebuah Kota Perdagangan Era Romawi Ditemukan di Inggris
Ilustrasi: Salah satu sudut kota di Inggris Raya yang banyak memiliki sisa peradaban Romawi(JUSTIN TALLIS / AFP)

Sebuah situs yang merupakan kota perdagangan Romawi belum lama ini ditemukan setengah meter di bawah permukaan sebuah ladang terpencil di Northamptonshire, Inggris.

Sebuah jalan selebar 10 meter, beberapa bangunan, lebih dari 300 koin kuno, dan setidaknya empat sumur, telah digali di situs tersebut. Sedikitnya ada 80 arkeolog yang telah bekerja selama 12 bulan terakhir di situs tersebut.

Seperti dilansir The Guardian, Situs itu terletak di sebuah hamparan di perbatasan Northamptonshire-Oxfordshire, terletak di rute jaringan rel HS2 yang sedang dibangun antara London dan Birmingham.

Ini adalah salah satu dari lebih dari 100 situs arkeologi yang telah diperiksa di sepanjang rute itu sejak 2018, dan di antara temuan paling signifikan hingga saat ini.

Situs dekat Chipping Warden, yang dikenal sebagai Blackgrounds setelah tanah hitam pekatnya yang membantu melestarikan sisa-sisa era Romawi, digunakan untuk padang rumput sampai penggalian arkeologi dimulai. “Ketika tanah digunakan untuk penggembalaan, tanah secara efektif menutup apa yang ada di bawahnya,” kata James West, dari Mola Headland Infrastructure, yang mengelola penggalian.

Baca juga: Tim Arkeolog Temukan Bukti Kebiasaan Ngemil Orang Romawi Kuno

Keberadaan situs arkeologi di kawasan tersebut telah diketahui sejak abad ke-18, namun temuan selama penggalian kali ini di luar dugaan para ahli.

“Situs ini mengungkap era Romawi yang terpelihara dengan baik, serta begitu banyak penemuan berkualitas tinggi sangat luar biasa, dan memberi tahu kami banyak hal tentang orang-orang yang tinggal di sini. Situs ini benar-benar memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kita tentang lanskap Romawi di wilayah ini dan sekitarnya,” ibuh West.

Baca juga: Komputer Era Romawi Berhasil Direkonstruksi

Sebuah desa zaman besi, yang terdiri dari lebih dari 30 rumah bundar, berdiri di lokasi tersebut pada saat invasi Romawi ke dataran Inggris pada 43 Masehi. Selama masa pendudukan Romawi, yang berlangsung hingga 410 M, pemukiman itu berkembang dan menjadi lebih makmur.

Bangunan batu baru dibangun di daerah pemukiman, pertanian dan industri yang berbeda. Belakangan para arkeolog telah menemukan bukti bengkel dan tempat pembakaran, di mana kegiatan seperti pengerjaan logam, pembuatan roti, dan tembikar berlangsung di wilayah itu. (M-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat