visitaaponce.com

Ukraina Siapkan Serangan Balasan ke Bakhmut

Ukraina Siapkan Serangan Balasan ke Bakhmut
Tank milik militer Ukraina(AFP/STF)

Militer Ukraina sedang menyiapkan serangan balasan ke Bakhmut,pada hari Minggu, (13/3). Seorang komandan tertinggi militer Ukraina mengatakan pertahanan pasukannya terhadap serangan sengit Rusia di Bakhmut diperlukan upaya mengulur waktu.

Pernyataan tersebut muncul ketika intelijen Inggris mengatakan garis depan telah bergeser dalam pertempuran untuk merebut Bakhmut, tetapi kemajuan Rusia lebih lanjut dan sangat menantang.

Beberapa pakar militer mempertanyakan alasan untuk terus mempertahankan kota itu. Namun, komandan pasukan darat Ukraina, Oleksandr Syrsky, mengatakan hal itu membantu mengulur waktu untuk persiapan serangan balasan yang akan datang.

Baca juga: NATO: Bakhmut akan Jatuh ke Tangan Rusia

"Pahlawan sejati sekarang adalah para pejuang yang mempertahankan front timur di pundak mereka, dan menimbulkan kerugian terberat yang mungkin terjadi, baik bagi diri mereka sendiri maupun musuh," kata Syrsky dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, dilansir AFP.

"Penting untuk mengulur waktu untuk membangun cadangan dan meluncurkan serangan balasan, yang tidak lama lagi,” sebutnya.

Baca juga: Rusia Gempur Ukraina, Padamkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia

Dalam sebuah video yang dirilis pada hari Sabtu, (11/2), Yevgeny Prigozhin, kepala kelompok tentara bayaran Rusia, mengatakan pasukannya sudah dekat dengan pusat administrasi kota. Berdiri di atap sebuah gedung bertingkat di daerah yang disebut sebagai Bakhmut, Prigozhin terlihat menunjuk ke sebuah bangunan di kejauhan.

"Ini adalah gedung pemerintahan kota, ini adalah pusat kota," katanya, mengenakan pakaian militer lengkap.

"Jaraknya satu kilometer dan dua ratus meter,” lanjutnya.

Berbicara di tengah dentuman artileri di latar belakang, Prigozhin mengatakan yang terpenting sekarang adalah menerima lebih banyak amunisi dari tentara dan bergerak maju.

Kementerian Pertahanan Ukraina pada hari Sabtu melaporkan pasukannya telah menangkis lebih dari 100 serangan Rusia selama hari terakhir di sepanjang garis depan timur.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat