visitaaponce.com

Luncurkan Pakta Kapal Selam Nuklir, Joe Biden Bilang akan Bicara dengan Xi Jinping

Luncurkan Pakta Kapal Selam Nuklir, Joe Biden Bilang akan Bicara dengan Xi Jinping
Presiden Amerika Serikat Joe Biden.(AFP/JIM WATSON)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan segera berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Hubungan Washington dan Beijing oleh sejumlah isu yang membawa kerenggangan.

"Ya," kata Biden kepada wartawan seusai meluncurkan pakta kapal selam nuklir bersama mitra AUKUS, Australia dan Inggris pada Senin (13/3).

Ketika ditanya rencana pembicaraan dengan Xi, Biden tidak merinci waktu pembicaraannya.

Baca juga : Pemerintahan Biden Setujui Proyek Pengeboran Minyak di Alaska

Namun, sebelumnya, Penasihat Keamanan Nasional Biden Jake Sullivan memperkirakan Presiden Biden dan Presiden Xi akan melakukan pembicaraan usai Kongres Rakyat Nasional Tiongkok.

"Saya tidak dapat memberi Anda tanggal, karena tidak ada tanggal yang ditetapkan, tetapi Presiden Biden telah menunjukkan kesediaannya untuk melakukan percakapan telepon dengan Presiden Xi begitu mereka kembali dan dengan tenang keluar dari Kongres Rakyat Nasional," kata Sullivan.

Baca juga : Xi Serukan Peran Lebih Besar Tiongkok setelah Pulihkan Saudi Iran

G20 Bali
Kedua pemimpin terakhir bertemu di Bali, di sela gelaran G20 pada November 2022. Ketegangan antara Washington dan Beijing meningkat setelah jet tempur F-22 AS menjatuhkan balon mata-mata Tiongkok di dekat pantai Carolina Selatan bulan lalu.

Selain itu, laporan bahwa Tiongkok sedang mempertimbangkan untuk memasok senjata dan amunisi ke Rusia untuk perang Ukraina telah menambah ketegangan.

Xi diangkat sebagai Presiden Tiongkok untuk periode ketiga setelah terpilih kembali di Kongres Rakyat Nasional ke-14 pada Jumat lalu. (Anadolu Agency/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat