visitaaponce.com

Wow India Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Sedunia, Kalahkan Tiongkok

Wow! India Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak Sedunia, Kalahkan Tiongkok
Populasi penduduk India lampaui Tiongkok.(AFP)

INDIA sedang dalam perjalanan untuk menjadi negara dengan populasi terpadat di dunia, menyalip Tiongkok dengan hampir tiga juta lebih banyak penduduk pada pertengahan 2023. Data ini diperoleh dari dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Data demografis yang dirilis pada hari Rabu oleh United Nations Population Fund (UNFPA) memperkirakan populasi India mencapai 1,4286 miliar dibandingkan dengan 1,4257 miliar untuk Tiongkok.

Amerika Serikat berada di urutan ketiga, dengan perkiraan populasi 340 juta, data dari Laporan Populasi Dunia UNFPA, 2023 menunjukkan.

Baca juga : Populasi Tiongkok Mengalami Penurunan Hingga 850 Ribu

Laporan tersebut mengatakan bahwa delapan negara akan menyumbang setengah dari proyeksi pertumbuhan populasi global pada tahun 2050: Republik Demokratik Kongo (DRC), Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania. Data tersebut mencerminkan informasi yang tersedia pada Februari 2023, kata laporan itu.

Para ahli populasi yang menggunakan data sebelumnya dari PBB telah memproyeksikan bahwa India akan melewati Tiongkok pada bulan ini. Namun laporan terbaru dari badan global ini tidak menyebutkan tanggal kapan perubahan itu akan terjadi.

Baca juga : Waduh Separuh Warga Lajang di Jepang Tak Ingin Punya Anak

Pejabat kependudukan PBB mengatakan bahwa tidak mungkin untuk menentukan tanggal karena ketidakpastian tentang data yang keluar dari India dan Tiongkok, terutama karena sensus terakhir India dilakukan pada tahun 2011 dan sensus berikutnya yang dijadwalkan pada tahun 2021 telah tertunda karena pandemi.

Asia Melambat

Meskipun India dan Tiongkok akan menyumbang lebih dari sepertiga dari perkiraan populasi global sebesar 8,045 miliar, pertumbuhan populasi di kedua negara raksasa Asia ini telah melambat, dengan laju yang jauh lebih cepat di Tiongkok dibandingkan dengan India.

Tahun lalu, populasi Tiongkok turun untuk pertama kalinya dalam enam dekade, sebuah perubahan bersejarah yang diperkirakan akan menandai dimulainya periode panjang penurunan jumlah warganya dengan implikasi mendalam bagi perekonomiannya dan dunia.

Pertumbuhan populasi tahunan India rata-rata mencapai 1,2% sejak 2011, dibandingkan dengan 1,7% dalam 10 tahun sebelumnya, menurut data pemerintah.

"Temuan survei India menunjukkan bahwa kecemasan populasi telah merembes ke sebagian besar masyarakat umum," kata Andrea Wojnar, perwakilan UNFPA India, dalam sebuah pernyataan.

"Namun, jumlah populasi seharusnya tidak memicu kecemasan atau menimbulkan kekhawatiran. Sebaliknya, angka-angka ini harus dilihat sebagai simbol kemajuan, perkembangan, dan aspirasi jika hak-hak dan pilihan-pilihan individu ditegakkan," katanya. (Aljazeera/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat