visitaaponce.com

Jadi Raja Kelima Inggris Sejak 1838, Ini Kemeriahan dan Rangkaian Acara di Penobatan Raja Charles III

Jadi Raja Kelima Inggris Sejak 1838, Ini Kemeriahan dan Rangkaian Acara di Penobatan Raja Charles III
Raja Charles III yang akan dinobatkan hari ini, Sabtu 6 Mei 2023.(Dok. AFP)

Raja Charles III akan dimahkotai sebagai raja pada hari Sabtu (06/05) dalam upacara penobatan Kristen yang khusyuk berdasarkan pada sejarah dan tradisi 1.000 tahun, tetapi disesuaikan untuk mencerminkan Inggris abad ke-21. Raja Charles III akan menjadi raja kelima dalam sejarah Kerajaan Inggris sejak tahun 1838.

Mahkota St Edward, simbol suci otoritas raja yang hanya digunakan sekali dalam masa pemerintahan mereka akan ditempatkan di kepala Charles pada pukul 11.00 GMT dengan teriakan 'God Save the King'.

Keriuhan terompet akan terdengar melalui Westminster Abbey London dan penghormatan senjata seremonial akan diledakkan di darat dan laut untuk menandai penobatan pertama seorang raja Inggris sejak 1953, dan hanya yang kelima sejak 1838.

Baca juga: Urutan Jadwal Penobatan Raja Charles III

Lonceng akan berdentang dalam perayaan di gereja-gereja di seluruh negeri, sebelum tentara berseragam berjalan kaki dan menunggang kuda menggelar parade militer berkekuatan 7.000 orang yang membentang di jalan-jalan ibu kota.

Raja Charles dan istrinya Camilla, yang akan dinobatkan sebagai ratu, akan kembali ke Istana Buckingham dengan Kereta Kuda Gold State. Mereka akan melewati kerumunan besar, sebelum menyaksikan upacara terbang melewati dari balkon.

Penobatan yang pertama dari seorang raja sejak 1937, menjadi yang kedua yang disiarkan televisi seluruh dunia dan jadi yang pertama disiarkan dalam warna dan streaming online.

Baca juga: Pangeran Harry dan Andrew Hadiri Penobatan Raja Charles III Tanpa Peran Formal Anggota Kerajaan

Charles (74), telah menjadi raja sejak kematian ibunya Ratu Elizabeth II pada September tahun lalu. Butuh waktu tujuh dekade berstatus sebagai pewaris utama bagi Charles sebelum akhirnya meraih gelar raja.

Nantinya, banyak ritual dan upacara yang rumit dalam pengukuhan Charles sebagai "raja yang tidak diragukan lagi". Charles tetap akan membawa aspek lain yang menandakan kerajaannya yang mengikuti perkembangan zaman.

Ada uskup wanita untuk pertama kalinya, sementara para pemimpin agama non-Kristen Inggris dan bahasa Celtic juga akan dilibatkan dalam rangkaian acara penobatan.

Sebagai raja, Charles adalah gubernur tertinggi Gereja Inggris. Ia juga mengepalai negara yang lebih beragam secara agama dan etnis daripada yang diwarisi ibunya dalam bayang-bayang Perang Dunia II.

Dia juga berusaha membuat jemaat yang beranggotakan 2.300 orang lebih mencerminkan masyarakat Inggris. Mengundang anggota masyarakat biasa untuk duduk bersama kepala negara dan keluarga kerajaan global.

Dalam perubahan lain, tema penobatan mencerminkan minat seumur hidupnya pada keanekaragaman hayati dan keberlanjutan.

Bunga musiman dan dedaunan dari Isle of Skye yang dilanda angin di barat laut Skotlandia hingga Cornwall di ujung pantai barat daya Inggris, akan memenuhi biara.

Plastik sekali pakai dan busa bunga telah dilarang dan semua bunga akan disumbangkan untuk amal membantu orang tua dan rentan. Jubah upacara dari penobatan sebelumnya akan digunakan kembali, dan minyak urapan akan menjadi vegan.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat