visitaaponce.com

Presiden Tukri Erdogan Incar Dekade Ketiga Pemerintahannya

Presiden Tukri Erdogan Incar Dekade Ketiga Pemerintahannya
Pendukung Presiden Turki Tayyip Erdogan memegang poster bertuliskan 'We Love You Chief', 15 Mei 2023.(AFP/Adem Altan)

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan memasuki periode minggu terakhir, sebelum pemilihan umum bersejarah dan menjadi favorit utama untuk memperpanjang dua dekade kekuasaannya yang berakar pada Islam hingga 2028 mendatang.

Pemimpin sekuler Kemal Kilicdaroglu memberikan performa terbaik oposisi dalam era dominan Erdogan dalam jajak pendapat parlemen dan presiden pada tanggal 14 Mei.

Pensiunan birokrat keturunan Kurdi Alevi ini mematahkan batasan etnis dan cengkeraman Erdogan terhadap media dan institusi-institusi negara untuk meraih hampir 45% suara.

Baca juga : Pemilu Turki, Pemilih Muda, dan Persoalan yang Belum Selesai

Namun, Erdogan masih kurang dari sepersekian persen dari ambang batas 50%yang dibutuhkan untuk menang di putaran pertama.

Pemimpin berusia 69 tahun ini berhasil meraih kemenangan, meskipun Turki sedang mengalami krisis ekonomi terburuk sejak tahun 1990-an dan survei opini menunjukkan bahwa ia akan mengalami kekalahan dalam pemilu nasional pertamanya.

Baca juga : Erdogan Janjikan Kemenangan Lebih Besar pada Pemilu Putaran Kedua

Kilicdaroglu sekarang harus menggalang pasukannya yang telah mengempis dan mengalahkan rintangan untuk merebut kembali kekuasaan bagi partai sekuler yang memerintah Turki selama sebagian besar abad ke-20.

Konsultan Eurasia Group menempatkan peluang Erdogan untuk menang pada hari Minggu (28/5) mendatang sebesar 80%.

"Ini akan menjadi perjuangan yang berat bagi Kilicdaroglu di putaran kedua," Hamish Kinnear dari perusahaan konsultan Verisk Maplecroft setuju. (AFP/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat