visitaaponce.com

Yes Ke Denmark Tak Perlu Visa

Yes! Ke Denmark Tak Perlu Visa
Bagi pemegang paspor dinas dan diplomatik elektronik, kini tidak memerlukan visa lagi untuk ke Denmark.(AFP)

KUNJUNGAN Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Denmark membuahkan sejumlah pencapaian penting. Salah satunya kesepakatan bebas visa untuk pemegang paspor dinas dan diplomatik elektronik.

"Seperti yang saya singgung di awal, dalam pertemuan dengan Menteri Imigrasi dan Integrasi Denmark, dilakukan peresmian pemberlakukan bebas visa untuk paspor dinas dan diplomatik elektronik," kata Retno dalam keterangannya, Kamis (15/6).

Menurut dia kesepakatan itu diresmikan secara simbolik dengan saling tukar specimen paspor dinas dan diplomatik elektronik. Itu dilakukan Retno dengan Menteri Imigrasi dan Integrasi Denmark.

Baca juga: Indonesia Minta Dukungan Denmark untuk Jadi DK PBB

"Pemberlakuan bebas visa ini diharapkan dapat ikut mendorong penguatan hubungan bilateral kedua negara, termasuk untuk mengimplementasikan Strategic Partnership Plan of Action untuk tahun 2021-2024 serta kerja sama di sektor transisi energi dan kesehatan," paparnya.

Selain itu, kata dia, selama di Kopenhagen terdapat pertemuan lain yakni dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Lars Lokke Rasmussen dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen. Termasuk pula mengadakan pertemuan dengan para pemimpin perusahaaan multinasional Denmark.

Baca juga: Indonesia Terbuka, Ginting Cuma Butuh 31 Menit Taklukkan Denmark. Joss!

"Kunjungan saya ke Denmark adalah kunjungan pertama oleh Menlu RI setelah 17 tahun. Kunjungan terakhir dilakukan pada 2006. Kunjungan ini juga sekaligus sebagai kunjungan balasan kepada Menlu Denmark (Lars Lokke) yang telah berkunjung ke Jakarta, November 2021," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat