visitaaponce.com

Rudal Rusia Lukai 40 Orang dan Tewaskan 3 Warga Ukraina

Rudal Rusia Lukai 40 Orang dan Tewaskan 3 Warga Ukraina
Restoran di Kramatorsk, Ukraina timur, yang menjadi sasaran rudal Rusia, pada 27 Juni 2023.(AFP)

TIGA tewas dan lebih dari 40 lainnya mengalami luka-luka dalam serangan roket Rusia yang menghantam sebuah restoran Ria Pizza, di Kramatorsk, Ukraina timur, pada Selasa (27/6). Polisi Ukraina mengatakan Rusia menembakkan dua rudal S-300 ke kota itu.

"Jenazah tiga orang, termasuk anak di bawah umur yang lahir pada 2008, telah ditemukan dari puing-puing. Di antara yang terluka adalah seorang anak yang lahir pada 2022," kata pernyataan kementerian dalam negeri Ukraina.

Layanan darurat Ukraina mengatakan di Telegram bahwa 42 orang terluka dalam serangan yang menghancurkan restoran yang populer itu. "Ada banyak orang di sana, ada anak-anak di bawah reruntuhan. Kami baru saja akan pergi," kata Yevgen, yang sedang makan bersama dua temannya.

Baca juga : NATO Lindungi Anggotanya dari Ancaman Pasukan Wagner di Belarus

Salah satu temannya sekarang di bawah reruntuhan. Kerumunan orang dengan cepat terbentuk di lokasi saat api masih menyala untuk menyaksikan tentara dan petugas penyelamat mencari korban ledakan ini.

Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko mengatakan dua roket Rusia telah menghantam kota yang pernah menjadi rumah bagi 150tibu orang, salah satu yang terbesar yang masih berada di bawah kendali Ukraina di bagian timur negara yang terkepung.

Baca juga : Korban Tewas Jebolnya Bendungan Kakhova di Ukraina Capai 41 Orang

"Ada kerumunan yang baik di restoran ketika rudal menghantam," kata salah satu juru masaknya, Ruslan yang berusia 32 tahun, mengatakan kepada AFP.

Natalia, sambil menangis, mengatakan bahwa saudara tirinya Nikita, 23, berada di dalam restoran ini, tepatnya dekat oven pizza. "Tim penyelamat tidak bisa mengeluarkannya, dia tertutup oleh puing-puing," katanya.

Beberapa bangunan di dekatnya juga rusak oleh serangan di kota tersebut, yang sering menjadi sasaran Rusia sejak invasi pada Februari 2022. Kramatorsk terletak sekitar 30 kilometer (18 mil) dari garis depan.

"Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa mereka mendengar pesawat terbang, terdengar desisan dan kemudian ledakan," kata seorang tentara Ukraina berusia 19 tahun yang memberi nama perangnya sebagai Ghost.

Dia dengan cepat memasuki restoran untuk membantu menyelamatkan pekerja. "Seorang gadis terjebak, terluka. Mereka belum bisa mengeluarkannya," katanya. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat