visitaaponce.com

Thunberg Kecam Ekosida di Ukraina

Thunberg Kecam Ekosida di Ukraina
Aktivis lingkungan Greta Thunberg(AFP/Sergei SUPINSKY)

AKTIVIS lingkungan Greta Thunberg, Kamis (29/6), mengecam kerusakan ekologi yang diakibatkan invasi Rusia ke Ukraina dan minimnya tanggapan internasional atas bencana tersebut.

"Ekosida dan penghancuran lingkungan adalah bentuk perang, seperti yang diketahui oleh warga Ukraina pada saat ini dan begitu juga dengan Rusia," ujar Thunberg kala melakukan lawatan ke Kiev sebagai bagian dari delegasi internasional yang menyelidiki konsekuensi lingkungan dari invasi Rusia ke Ukraina.

"Itulah mengapa mereka dengan sengaja mengincar lingkungan hidup, mata pencaharian warga, dan rumah. Tujuannya untuk menghancurkan kehidupan," lanjutnya.

Baca juga: Rudal Rusia Lukai 40 Orang dan Tewaskan 3 Warga Ukraina

Thunberg dan delegasi internasional juga sempat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Penghancuran Bendungan Kakhovka, di Kherson, selatan Ukraina, 6 Juni lalu menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir. Bencana itu menewaskan puluhan orang dan ribuan lainnya mengungsi.

Ukraina menuding Rusia meledakkan bendungan itu sementara Kremlin bersikeras bahwa Ukrainalah yang menghancurkan bendungan yang dibangun di era Uni Soviet tersebut.

Baca juga: Penduduk Moskow tak Terganggu Serangan Wagner

Zelensky telah mengkritik minimnya tanggapan internasional atas bencana hancurnya bendungan itu.

"Saya rasa tanggapan dunia atas ekosida ini tidak cukup. Saya rasa tidak ada tanggapan yang akan mencukupi," ungkap Thunberg.

"Karenanya, kita harus membuka lebih banyak ruang agar orang yang terpengaruh dengan bencana ini bisa mengisahkan kisah mereka dan berbagai informasi mengenai apa yang mereka alami," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat