visitaaponce.com

Polandia Perkuat Perbatasan Usia Grup Wagner ke Belarusia

Polandia Perkuat Perbatasan Usia Grup Wagner ke Belarusia
Wakil Perdana Menteri Polandia, Jaroslaw Kaczynski.(AFP)

POLANDIA berharap Uni Eropa memberikan bantuan dana untuk meningkatkan keamanan di perbatasan dengan Belarusia. Permintaan itu muncul setelah kepindahan grup tentara bayaran Rusia, Wagner, mulai memasuki kawasan Belarusia dan dikhawatirkan akan mulai memasuki Polandia.

Pemimpin Hukum dan Keadilan (PiS) nasionalis Polandia yang berkuasa, Jaroslaw Kaczynski mengatakan Polandia meyakini sekitar delapan ribu pasukan Wagner yang sudah berada di Belarusia.

Wakil Perdana Menteri ini menyatakan Polandia akan mengambil langkah jangka pendek dan panjang dalam memperkuat perbatasan. Termasuk meningkatkan kehadiran pasukan keamanan dan meningkatkan perlindungan.

Baca juga: Rusia Lebur Wagner ke Militer

“Solidaritas Eropa berarti mendukung negara-negara yang terancam destabilisasi. Pengamanan ini perlu ditingkatkan," katanya.

Dia menuduh Belarusia secara artifisial menciptakan krisis migran di perbatasan dengan menerbangkan orang-orang dari Timur Tengah dan Afrika dan berusaha mendorong mereka melintasi perbatasan. Namun pejabat di Minsk membantah tuduhan itu.

Baca juga: Belarus Sebut Bos Wagner Sudah Tiba di Pengasingannya

Kaczynski mengatakan, kehadiran Wagner di Belarusia dapat berarti fase baru perang hibrida, fase yang jauh lebih sulit daripada yang telah kita tangani sejauh ini.

Kaczynski, yang secara luas dipandang sebagai penguasa de-facto Polandia menginginkan sistem keamanan lebih tinggi di perbatasan daripada Presiden Andrzej Duda. Menurut Duda, Polandia akan memperkuat keamanan di perbatasannya dengan Belarusia jika perlu, tetapi perbatasan itu sudah diamankan dengan ketat.

(Al Arabiya/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat