visitaaponce.com

AS kembali Gabung UNESCO setelah Hengkang di Era Trump

AS kembali Gabung UNESCO setelah Hengkang di Era Trump
Logo UNESCO.(AFP/Alain Jocard.)

AMERIKA Serikat bergabung kembali dengan UNESCO pada Jumat (30/6). Ini berarti membatalkan penarikannya selama pemerintahan Trump. Ini dikatakan badan kebudayaan PBB itu.

Donald Trump mengumumkan pada 2017 bahwa dia menarik Amerika Serikat keluar dari UNESCO. AS bersama Israel menuduh badan itu bias terhadap negara Yahudi terkait keputusan yang mulai berlaku pada 2018.

Sesi luar biasa Majelis Umum badan PBB memberikan suara yang sangat banyak untuk kembalinya Amerika Serikat. Seorang reporter AFP yang hadir pada pemungutan suara mengatakan sekitar 132 anggota memberikan suara mendukung, 10 menentang, dan 15 abstain.

Baca juga: PM Swedia Serukan Ketenangan setelah Protes Pembakaran Al-Qur'an

Suara-suara yang tidak setuju, termasuk Iran, Suriah, Tiongkok, dan Rusia yang delegasinya tampak berusaha menunda pemungutan suara melalui beberapa pernyataan tentang prosedur dan amendemen yang disarankan.

Amerika Serikat, anggota pendiri UNESCO, merupakan kontributor utama anggarannya hingga 2011 ketika badan tersebut mengakui Palestina sebagai negara anggota. 

Baca juga: Ukuran Inflasi yang Disukai The Fed Turun Tajam

Itu memicu pengakhiran kontribusi berdasarkan hukum AS yang mengarah ke pengumuman penarikan resmi enam tahun kemudian. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat