visitaaponce.com

Prigozhin Berjanji Dukung Putin

Prigozhin Berjanji Dukung Putin
Anggota Wagner duduk di atas tank di Rostov-on-Don, Rusia pada Sabtu (24/6).(AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin telah mengadakan pembicaraan dengan pemimpin tentara bayaran, Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin selama tiga jam di Kremlin. Itu terjadi beberapa pekan setelah pemberontak grup itu mengancam ingin melakukan kudeta.

Pengumuman dari Kremlin tersebut datang tak lama setelah kementerian pertahanan Rusia menerbitkan video yang menampilkan Panglima Militer Rusia Valery Gerasimov. Selama ini Gerasimov tidak terlihat di depan umum sejak Wagner ingin menggulingkannya.

"Pertemuan Putin-Prigozhin berlangsung di Kremlin pada 29 Juni dan melibatkan komandan dari perusahaan militer," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang juga mengatakan ada 35 orang ikut serta dalam pembicaraan tersebut.

Baca juga: NATO Lacak Pergerakan Tentara Bayaran Rusia

Konfirmasi pertemuan tatap muka dengan Putin, yang telah mencap Prigozhin sebagai pengkhianat, menambah ketidakpastian seputar 'kepala' tentara bayaran. Nasib dan keberadaan Gerasimov tidak diketahui sejak pemberontakan yang gagal, yang menurut banyak pengamat telah sangat melemahkan otoritas Putin.

"Putin juga mendengarkan penjelasan para komandan (Wagner) dan menawarkan bergabung dengan kesatuan militer Rusia. Para komandan mempresentasikan versi mereka tentang apa yang terjadi,” kata Peskov.

Baca juga: Ukraina-Rusia Saling Tuding Rencanakan Sabotase

Menurut dia, grup itu menyatakan setia kepada kepala negara Rusia dan panglima tertinggi, dan juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang demi tanah air mereka. (Aljazeera/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat