visitaaponce.com

Kim Jong Un Janji Perkuat Kerja sama dengan Tiongkok

Kim Jong Un Janji Perkuat Kerja sama dengan Tiongkok
Presdein Korea Utaram Kim Jong Un (kanan) bertemu dengan anggota politburo Partai Komunis Tiongkok Li Hongzhong.(AFP/KCNA VIA KNS)

PEMIMPIN Korea Utara (Korut) Kim Jong Un bertemu dengan delegasi Tiongkok yang mengunjungi Pyongyang untuk merayakan peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Korea. Dia berjanji mengembangkan hubungan kedua negara ke tingkat lebih tinggi.

Kim menjadi tuan rumah resepsi untuk pejabat Tiongkok yang dipimpin anggota Politbiro Partai Komunis Li Hongzhong pada Jumat (28/7). Delegasi Tiongkok tersebut merupakan yang pertama sejak pandemi covid-19.

"Ditegaskan kembali dalam pembicaraan itu sikap para pihak dan pemerintah kedua negara untuk mengatasi situasi internasional yang rumit. Kemudian terus mengembangkan persahabatan dan kerja sama yang bersahabat ke tingkat yang lebih tinggi," kata kantor berita Korut KCNA.

Baca juga: Ini Drone dan Rudal ICBM Teranyar Korut yang Dipamerkan di Depan Rusia

Pertemuan itu terjadi setelah para pejabat Tiongkok dan Rusia bertemu dengan Kim, Kamis (27/7). Mereka turut meninjau rudal berkemampuan nuklir terbarunya dan menyerang pesawat nirawak di sebuah parade militer di ibu kota Korut, Pyongyang.

Pameran senjata yang dilarang Dewan Keamanan PBB itu menandai perubahan tahun-tahun sebelumnya. Tepatnya ketika Beijing dan Moskow mengambil langkah untuk menjauhkan diri dari pengembangan senjata nuklir dan rudal balistik tetangga mereka.

Korut memamerkan rudal balistik antarbenua Hwasong-17 dan Hwasong-18 terbaru, menurut kantor berita negara KCNA. Senjata itu diyakini memiliki jangkauan untuk menyerang sasaran di manapun di Amerika Serikat.

Baca juga: Kim Jong-un Pamerkan Drone dan Rudal ke Rusia dan Tiongkok

"Acara tersebut juga menampilkan aksi flyover dengan serangan baru dari drone mata-mata Korut," tutup laporan tersebut. (CNA/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat