visitaaponce.com

Menlu Belum Ada Rencana Memulangkan Delegasi Peserta Jambore di Korea

Menlu: Belum Ada Rencana Memulangkan Delegasi Peserta Jambore di Korea
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi(AFP )

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengaku telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Seoul, Korea Selatan terkait peristiwa yang terjadi selama Jambore Internasional yang tengah digelar di Korea Selatan. Menurutnya pemerintah Indonesia belum berencana memulangkan delegasi yang menjadi peserta jambore. Seperti diberitakan, ada sejumlah peserta jambore yang harus dilarikan ke rumah sakit karena kondisi cuaca serta tingginya suhu akibat gelombang panas.

"Jadi delegasi kita menurut KBRI Seoul jumlahnya ada sekitar 1.500. Alhamdulillah mayoritas mereka hampir semuanya dalam kondisi baik-baik saja," terang Menlu pada media seusai acara Istana Berkebaya sebagai rangkaian HUT ke-78 RI di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (6/8).

Menlu mengakui para peserta Jambore Internasional harus berhadapan dengan cuaca panas. Namun, ia menegaskan berdasarkan laporan yang diterima, delegasi Indonesia dalam kondisi baik.

Baca juga: Cuaca Panas Landa Korea, Kontingen Pramuka Indonesia Dipastikan dalam Kondisi Baik

"Memang tantangannya berat sekali terutama dari sisi cuaca karena memang panas sekali dan dari waktu ke waktu saya terus pantau mereka melalui kedutaan kita di Seoul. Jadi alhamdulillah anak-anak dalam kondisi baik," tuturnya.

Kementerian Luar Negeri, terangnya, hingga saat ini belum berencana memulangkan delegasi Indonesia yang menjadi peserta jambore. Menlu berharap kondisi cuaca di Korea Selatan membaik sehingga tidak berdampak pada anak-anak yang tengah menjadi peserta jambore.

Baca juga: Kontingen Pramuka Indonesia di Korea Selatan Terjaga

"Belum. Belum. Tadi pas sebelum mulai ini sudah masuk Istana, saya melakukan telepon lagi dan saya tanya rencana mereka dan so far (sejauh ini) belum ada rencana apa-apa. Mudah-mudahan kondisi membaik dalam arti cuaca menjadi tidak semakin panas. Tetapi yang patut kita syukuri adalah sebagian besar dari mereka dalam kondisi baik-baik saja," tukasnya. (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat