visitaaponce.com

Pria Inggris Berenang di Sungai Hudson New York untuk Kampanye Air Bersih

Pria Inggris Berenang di Sungai Hudson New York untuk Kampanye Air Bersih
Lewis Pugh, berhasil menyelesaikan perjalanan sejauh 500 kilometer (315 mil) di Sungai Hudson, New York, sebagai kampanye membersihkan sunga(AFP)

PERENANG asal Inggris, Lewis Pugh, berhasil menyelesaikan perjalanan sejauh 500 kilometer (315 mil) di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat (AS). Tindakannya itu menyoroti keberhasilan upaya membersihkan sungai ini selama beberapa dekade dan diharapkan akan menjadi inspirasi bagi upaya serupa di tempat lain.

Lewis Pugh, yang diangkat sebagai Patron Pertama PBB untuk Lautan 10 tahun yang lalu. "Lima puluh tahun yang lalu, sungai ini merupakan salah satu sungai paling tercemar di seluruh dunia."

"Sungai yang bersih dan sehat adalah hal yang sangat kita perlukan," ujarnya kepada para wartawan setelah berhasil menyelesaikan perjalanan tanpa bantuan, dari sumber pegunungan Hudson hingga New York City.

Baca juga: Mantan CEO Starbucks, Howard Schultz, Mundur dari Dewan Direksi

Dia menjelaskan pada masa lalu, saat New York masih merupakan pusat industri berat, sungai ini sering kali berubah warna dari hari ke hari. Warna itu akan berubah tergantung pada zat pewarna dan polutan lain yang dibuang atau terlepas.

Namun, berkat beberapa dekade upaya pembersihan polusi, Pugh berhasil berenang dengan aman di sungai ini. Prestasinya yang memakan waktu sebulan diharapkan dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

Baca juga: Kolombia Jadi Neraka bagi Aktivis Lingkungan

Pugh sebelumnya telah melakukan renangan penting di Antartika, Kutub Utara, dan Laut Merah, untuk mendorong usaha agar sungai-sungai menjadi cukup bersih untuk berenang dan memancing dengan aman.

Prestasi di Sungai Hudson ini datang saat para pemimpin dari seluruh dunia bersiap-siap menghadiri Sidang Umum PBB tahunan di New York, di mana dijadwalkan akan ditandatangani Traktat Lautan Luas bersejarah. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat