visitaaponce.com

Indonesia Tunggu Maroko Beri Izin Penyaluran Bantuan untuk Korban Gempa

Indonesia Tunggu Maroko Beri Izin Penyaluran Bantuan untuk Korban Gempa
Para korban gempa di Maroko mengungsi di tenda.(AFP)

Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa bumi di Maroko. Namun sejauh ini otoritas Maroko masih belum memberikan lampu hijau untuk negara asing menyalurkan bantuan.

"Hingga saat ini, pemerintah Maroko belum mengumumkan pemberian izin resmi masuknya bantuan asing," kata Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kobarsyih kepada Media Indonesia, Rabu (13/9).

Menurut dia sejauh ini hanya Spanyol, Qatar, Uni Emirat Arab dan Inggris yang diizinkan menyalurkan bantuan kemanusiaan. Keempat negara itu memiliki kekhususan hubungan dengan Maroko.

Baca juga: Gempa Hancurkan Permusuhan Aljazair-Maroko

Meski demikian, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rabat terus berupaya menjalin komunikasi intensif dengan Kementerian Luar Negeri Maroko demi memperoleh izin pemberian bantuan.

Selain Maroko, Indonesia juga berencana mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir yang menewaskan lebih dari enam ribu orang di Libia. Pemerintah Libia pun baru saja mengumumkan membuka pintu bagi negara-negara yang hendak mengirimkan bantuan.

Baca juga: Korban Gempa di Maroko Meningkat Jadi 2,862 Orang

"Kementerian Luar Negeri Indonesia tengah berkomunikasi dengan pemerintah Libia mengenai mekanisme pemberian bantuan ke wilayah yang terdampak banjir," katanya.

Terkait warga negara Indonesia (WNI), KBRI Rabat dan KBRI Tripoli terus memantau perkembangan bantuan dan memastikan keselamatan WNI. 

"Sejauh ini, tidak ada WNI menjadi korban gempa Maroko dan banjir besar di Libia timur," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat