visitaaponce.com

Penelitian mengenai Pekerja Perempuan Bawa Claudia Goldin Raih Nobel Ekonomi

Penelitian mengenai Pekerja Perempuan Bawa Claudia Goldin Raih Nobel Ekonomi
Peraih nobel ekonomi Claudia Goldin(AFP/Jonathan Nackstrad)

PROFESOR ekonomi Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS), Claudia Goldin, dianugerahi Nobel Bidang Ekonomi berkat upayanya dalam meneliti hak-hak juga keutamaan pekerja perempuan.

Goldin menjadi perempuan ketiga yang memenangkan hadiah tersebut, yang diumumkan oleh Sekretaris Jenderal Royal Swedish Academy of Sciences, Hans Ellegren, di Stockholm, Swedia, Senin (9/10).

Ketua Komite Hadiah Nobel Ilmu Ekonomi Jakob Svensson mengatakan Goldin memahami peran perempuan di pasar tenaga kerja. Kaum perempuan sangat penting bagi masyarakat.

Baca juga : Karya Jon Fosse Paling Banyak Dipentaskan di Benua Biru

"Berkat penelitian inovatif Claudia Goldin, kami sekarang mengetahui lebih banyak tentang faktor-faktor yang mendasari dan hambatan apa yang mungkin perlu diatasi di masa depan,” katanya.

Penghargaan ini menyusul penghargaan di bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian yang diumumkan minggu lalu.

Baca juga : Jon Fosse, Sastrawan Berani Asal Swedia

Penghargaan bidang ekonomi ini diciptakan pada 1968 oleh bank sentral Swedia dan secara resmi dikenal sebagai Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel.

Pemenang tahun lalu adalah mantan Ketua Federal Reserve Ben Bernanke, Douglas W. Diamond dan Philip Dybvig atas penelitian keduanya mengenai kegagalan bank yang membantu membentuk respons agresif Amerika terhadap krisis keuangan pada 2007-2008.

Hanya dua dari 92 penerima penghargaan ekonomi adalah perempuan. Pekan lalu Katalin Kariko keturunan Hongaria-Amerika dan Drew Weissman dari Amerika memenangkan Hadiah Nobel di bidang kedokteran.

Hadiah fisika diberikan kepada fisikawan Perancis-Swedia Anne L'Huillier, ilmuwan Perancis Pierre Agostini dan Ferenc Krausz kelahiran Hongaria. Sementara ILMUWAN AS Moungi Bawendi, Louis Brus dan Alexei Ekimov memenangkan hadiah kimia.

Penghargaan terhadap mereka disusul oleh penulis Norwegia Jon Fosse, yang dianugerahi penghargaan bidang sastra. Kemudian aktivis Iran yang dipenjara Narges Mohammadi memenangkan hadiah Nobel bidang perdamaian.

Penghargaan Nobel ini akan diberikan secara langsung kepada para pemenang dalam upacara resmi pada Desember di Oslo dan Stockholm. Mereka juga akan mendapatkan uang tunai sebesar 11 juta kronor Swedia atau sekitar Rp15,6 miliar, medali emas 18 karat dan plakat. (AFP/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat