visitaaponce.com

Presiden Kolombia Samakan Pengepungan Gaza oleh Israel dengan Aksi Nazi

Presiden Kolombia Samakan Pengepungan Gaza oleh Israel dengan Aksi Nazi
Presiden Kolombia Gustavo Petro(AFP/Kena Betancur/Getty Images)

PRESIDEN Kolombia Gustavo Petro, Senin (9/10), membandingkan aksi Israel yang menggempur Gaza sebagai balasan atas serangan mematikan kelompok militan Hamas sebagai pesekusi yang dilakukan Nazi terhadap warga Yahudi.

Menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan Israel Yova Gallant yang menyebut pengepungan total Gaza sebagai perang melawan para 'binatang', Pedro menyebut, "Itu sama dengan yang dikatakan Nazi tentang Yahudi."

Lewat X, yang dulu disebut Twitter, Presiden Kolombia itu menambahkan, "Warga demokratik tidak boleh membiarkan Nazisme kembali hadir di politik internasional.

Baca juga: Pascaserangan Hamas, Israel Kepung Total Gaza

Dia menyebut pernyataan Gallant itu sebagai ujaran kebencian dan jika dibiarkan akan berujung pada holocaust.

Dalam pesan video, Gallant mengumumkan Israel melakukan pengepungan total tehadap Jalur Gaza dan 2,3 juta penduduknya, yang menurut berarti, "Tidak ada listrik, makanan, air, dan gas."

"Kami berperang melawan binatang dan akan bertidak sesuai dengannya," lanjut Gallant.

Baca juga: Palestina Kecam Deklarasi Perang Israel

Israel telah melancarkan serangan udara selama tiga hari terakhir sejak Hamas menyerbu ke kota-kota di selatan Israel dalam serangan kejutan yang menyebabkan ratusan orang tewas dan puluhan orang disandera.

Petro telah melakukan beberapa komentar di media sosial sejak Sabtu (7/10) yang menacing komentar dari Duta Besar Israel di Bogota, Gali Dagan, yang meminta pemerintah Kolombia mengecam aksi teroris terhadap warga sipil tidak berdosa.

Petro, sebagai tanggapan, mengatakan, "Aksi terorisme adalah membunuh anak-anak baik itu di Kolombia maupun di Palestina."

Dia kemudian mendesak Israel dan Palestina untuk segera berunding.

Dagan kemudian mengundang Petro untuk berkunkung ke monumen Holocaust di Jerusalem dan Auschwitz-Birkenau, yang dijawab oleh Presiden Kolombia dengan mengatakan, "Hal itu tengah terjadi di Gaza." (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat