visitaaponce.com

Putin Konflik Israel-Gaza Buktikan Kegagalan AS di Timur Tengah

Putin: Konflik Israel-Gaza Buktikan Kegagalan AS di Timur Tengah
Vladimir Putin.(AFP/Sergei Guneyev. )

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Selasa (10/10) bahwa konflik Israel-Gaza menunjukkan kegagalan kebijakan Timur Tengah Washington dan menyebut pembentukan negara Palestina yang berdaulat dan merdeka sebagai kebutuhan.

Pemimpin Rusia tersebut melontarkan komentar tersebut saat bertemu dengan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani di Moskow, beberapa hari setelah Hamas melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel.

"Saya pikir banyak orang akan setuju dengan saya bahwa ini contoh nyata kegagalan politik AS di Timur Tengah," kata Putin.

Dia berbicara tentang perlunya melaksanakan keputusan Dewan Keamanan PBB mengenai pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

Putin mengatakan, "AS mencoba memonopoli pengaturan (konflik) tetapi, sayangnya, tidak sibuk mencari kompromi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak."

Barat, "Tidak memperhitungkan kepentingan mendasar rakyat Palestina," katanya.

Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pembentukan negara Palestina ialah solusi paling dapat diandalkan untuk perdamaian di Israel.

Kremlin mengatakan sebelumnya pada Selasa bahwa kunjungan Presiden Palestina Mahmud Abbas, yang direncanakan sebelum serangan Hamas terhadap Israel, ke Moskow sedang dalam persiapan tetapi tidak menyebutkan tanggalnya.

Moskow mengatakan pihaknya khawatir ada pihak asing yang bisa terlibat dalam konflik tersebut setelah AS memindahkan kapal perangnya lebih dekat ke sekutunya, Israel. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat