visitaaponce.com

AS Hentikan Bantuan ke Niger Saat Prancis Memulai Penarikan Pasukan

AS Hentikan Bantuan ke Niger Saat Prancis Memulai Penarikan Pasukan
Konvoi pertama pasukan Prancis meninggalkan Niger sudah dimulai. Sedangkan Amerika Serikat menghentikan bantuan lebih dari US$500 juta.(AFP)

GELOMBANG pertama pasukan Prancis ditarik dari Niger setelah diperintahkan pemimpin kudera. Sedangkan Amerika Serikat (AS) menghentikan bantuan lebih dari US$500 juta kepada negara Sahel yang dilanda pemberontakan.

Rezim militer Niger mengumumkan di televisi negara, Selasa malam, mengawal konvoi pertama pasukan Prancis dari pangkalan mereka di kota barat Ouallam menuju Chad.

Penarikan pasukan Prancis diminta para jenderal penguasa baru Niger setelah mereka berkuasa pada 26 Juli. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengonfirmasi pada September mereka akan pergi, suatu proses yang diharapkan Paris akan selesai pada akhir tahun.

Baca juga: Tinggalkan Niger, Dubes Prancis Tiba di Paris

Sekitar 1.000 pasukan Prancis ditempatkan di Niamey, dengan 400 lainnya ditempatkan di dua pangkalan di barat laut, dekat Mali dan Burkina Faso, daerah yang rawan aktivitas pemberontak.

Selain dari penarikan melalui darat, tiga penerbangan khusus telah terdaftar di bandara Niamey. Di mana dua untuk keberangkatan 97 elemen pasukan khusus dan satu untuk logistik.

Baca juga: Niger Umumkan Tiga Hari Berkabung Nasional

Sebelumnya Washington menyatakan penggulingan pemerintah demokratis Niger, yang dianggap sebagai benteng kunci melawan Rusia, adalah kudeta. "Setiap pelanjutan bantuan AS akan memerlukan tindakan... untuk membawa pemerintahan demokratis dalam waktu yang cepat dan kredibel," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller.

Amerika Serikat, bersama dengan negara-negara Afrika Barat dan bekas kekuasaan kolonial Prancis, telah mendesak militer untuk mengembalikan Presiden Mohamed Bazoum. "Kami mengambil tindakan ini karena dalam dua bulan terakhir, kami telah mencoba semua jalur yang tersedia untuk menjaga ketertiban konstitusi di Niger," kata seorang pejabat senior AS.

"Amerika Serikat masih mempertahankan sekitar 1.000 personel militer di Niger, tetapi mereka tidak lagi aktif melatih atau membantu pasukan Niger," kata pejabat AS lainnya.

Mereka akan terus bekerja untuk memantau ancaman dari kelompok-kelompok jihadis. Pengunduran diri pasukan Prancis diharapkan akan menyebabkan masalah logistik, dengan sedikit rute aman keluar dari daerah yang dilanda berbagai kelompok jihadis.

Perbatasan darat Niger dengan Benin dan Nigeria telah ditutup sejak kudeta.

Prancis sebelumnya memperkuat kehadirannya di Niger, menambah kendaraan lapis baja dan helikopter ke drone dan pesawat tempur yang sudah ditempatkan.

Ini adalah kali ketiga dalam 18 bulan pasukan Prancis diusir oleh mantan koloni Afrika, yang merupakan pukulan berat bagi pengaruh Prancis di benua tersebut dan prestise di panggung internasional. 

Dubes Prancis untuk Niger juga diperintahkan meninggalkan jabatannya oleh para pemimpin kudeta yang menggulingkan presiden yang didukung Prancis. Penguasa militer Niamey telah menyebut pengumuman penarikan diplomatik dan pasukan Prancis pada bulan September sebagai "langkah menuju kedaulatan Niger".

Mali dan Burkina Faso, yang juga mengalami kudeta dalam dua tahun terakhir, juga telah berbalik dari Prancis, menuduhnya sikap kolonialistis dan gagal melawan jihadis dengan efektif. Mali telah beralih ke Moskow, mengundang tentara bayaran dari kelompok Wagner yang terkenal.

Di Niger, demonstran anti-Prancis juga terlihat mengibarkan bendera Rusia - pemandangan yang berbeda dengan kegembiraan yang disambut pasukan Prancis pada  2013 ketika mereka membantu membebaskan Mali utara dari kelompok pemberontak yang terafiliasi dengan Al-Qaeda.

Niger dalam beberapa bulan terakhir telah berperan sebagai pusat regional bagi pasukan Prancis yang membantu tentara di wilayah tersebut melawan pemberontak Islam. Macron awalnya mencoba untuk tetap menjaga pasukannya dan duta besar di negara itu, tetapi pada akhir September ia menyerah pada tekanan untuk membawa mereka pulang setelah berbulan-bulan protes anti-Prancis.

Prancis masih bersikeras bahwa pemerintahan Bazoum yang digulingkan tetap menjadi satu-satunya otoritas sah. Mantan presiden tetap berada dalam tahanan rumah di Niamey. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat