visitaaponce.com

Arab Saudi Kutuk Pemboman dan Pengusiran Warga Gaza oleh Israel

Arab Saudi Kutuk Pemboman dan Pengusiran Warga Gaza oleh Israel
Kondisi Gaza setelah diserang Israel.(AFP)

Arab Saudi mengutuk pengusiran warga Palestina dari Gaza dan serangan terhadap warga sipil yang tidak berdaya oleh Israel. Sikap itu menjadi kritik terkuat Arab Saudi terhadap tindakan Israel di tengah rencana pemulihan hubungan dua negara tersebut.

"Riyadh menegaskan penolakan terhadap seruan pengusiran paksa rakyat Palestina dari Gaza, dan mengecam penyerangan yang menargetkan warga sipil tak berdaya di sana,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Pernyataan Saudi itu diterbitkan ketika Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tiba di Riyadh sebagai bagian dari tur enam negara ke negara-negara Arab.

Baca juga: PBB Minta Israel Taati Aturan Perang

Perang tersebut telah memberikan pukulan terhadap upaya pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk memfasilitasi normalisasi antara Israel dan Arab Saudi.

Arab Saudi, yang tidak pernah mengakui Israel, telah mengeluarkan beberapa pernyataan dalam seminggu terakhir yang menegaskan dukungannya terhadap perjuangan Palestina.

Baca juga: Warga Gaza Cari Perlindungan setelah Ancaman Serangan Darat Israel

Pemboman Israel selama seminggu di Jalur Gaza telah menewaskan sedikitnya 1.900 orang, termasuk 614 anak-anak dan 370 wanita. Sebanyak 7.696 orang juga dinyatakan terluka.

Sementara itu, jumlah korban tewas resmi terbaru dari kubu Israel mencapai 1.300 orang. (France24/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat