visitaaponce.com

Kolombia Protes pada Utusan Israel dalam Kontroversi Perang dengan Hamas

Kolombia Protes pada Utusan Israel dalam Kontroversi Perang dengan Hamas
Utusan Israel, Gali Dagan, setidaknya harus meminta maaf dan pergi dari Kolombia setelah mengkritik Presiden Gustavo Petro.(AFP)

KOLOMBIA mengatakan duta besar Israel seharusnya meninggalkan negara Amerika Selatan ini seiring memudarnya kontroversi terkait pernyataan Presiden Gustavo Petro mengenai perang dengan Hamas.

Awalnya, Menteri Luar Negeri Alvaro Leyva mengatakan utusan Israel, Gali Dagan, setidaknya harus meminta maaf dan pergi setelah mengkritik perbandingan Petro antara serangan Israel di Gaza dengan penindasan Nazi terhadap orang Yahudi.

Leyva mengeluarkan kritik keras di media sosial terhadap "ketidakberesan" respons Israel terhadap Petro, dengan menambahkan, "Aib."

Baca juga: Presiden Kolombia Samakan Pengepungan Gaza oleh Israel dengan Aksi Nazi

Dalam kiriman selanjutnya, Levya mengklarifikasi ia hanya menuntut penghormatan terhadap presiden Kolombia. "Saya tidak mengatakan bahwa duta besar Israel dideportasi."

Setelah serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan lebih dari 1.400 orang, dan pengumuman Israel mengenai pengepungan balasan di Gaza, Petro menuduh Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menggunakan bahasa yang mirip dengan apa yang dikatakan Nazi tentang orang Yahudi.

Baca juga: Mesir Sebut Tindakan Israel di Gaza Sudah Melampaui Prinsip Membela Diri

Petro, yang merupakan presiden kiri pertama Kolombia, mengatakan dalam salah satu kiriman di media sosial, "bangsa-bangsa demokratis tidak boleh membiarkan Nazisme kembali muncul dalam politik internasional."

Kemudian pada hari Minggu, Israel, salah satu penyedia senjata utama bagi militer Kolombia, mengumumkan menghentikan ekspor keamanan ke negara Amerika Selatan ini seiring meningkatnya perselisihan diplomatis.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, mengatakan duta besar Kolombia, Margarita Manjarrez, telah dipanggil terkait pernyataan "hostil dan anti-Semit" dari Petro.

"Pernyataan presiden disambut dengan keheranan," kata juru bicara tersebut.

Dia menuduh Petro mendukung kekejaman yang dilakukan oleh teroris Hamas, memupuk anti-Semitisme, memengaruhi perwakilan Negara Israel, dan mengancam perdamaian komunitas Yahudi di Kolombia.

Duta besar Dagan mengatakan minggu lalu para pengunjuk rasa telah meninggalkan graffiti, termasuk swastika, di fasad kedutaan.

Genosida

Menanggapi pernyataan Haiat, Petro mengatakan bahwa negaranya tidak mendukung genosida. "Jika kita harus menangguhkan hubungan luar negeri dengan Israel, kita akan menangguhkannya," tambahnya.

Pasukan bersenjata Kolombia, yang terlibat dalam konflik selama beberapa dekade dengan gerilyawan kiri, paramiliter sayap kanan, dan kartel narkoba, menggunakan senjata dan pesawat buatan Israel. Negara ini memiliki sejarah hubungan diplomatik dan militer yang kuat dengan Israel dan Amerika Serikat.

Petro juga terlibat dalam perang kata-kata secara online dengan duta besar, Dagan, yang telah mendesak presiden untuk mengutuk serangan teroris terhadap warga sipil tak bersalah.

Dalam tanggapannya, Petro mengatakan: "terorisme adalah membunuh anak-anak tak bersalah, baik itu di Kolombia atau di Palestina."

Dagan kemudian mengundang Petro untuk mengunjungi memorial Holocaust di Yerusalem dan kamp kematian Auschwitz-Birkenau, yang dibalas presiden dengan mengatakan dia melihat hal serupa dilakukan di Gaza.

"Tidak ada demokrat di dunia yang dapat menerima Gaza diubah menjadi kamp konsentrasi," tambah Petro.

Awalnya, Kementerian Luar Negeri Kolombia telah mengeluarkan pernyataan dengan tegas mengutuk terorisme dan serangan terhadap warga sipil yang terjadi di Israel dan mengungkapkan solidaritas dengan korban Hamas.

Tautan ke pernyataan tersebut kemudian dinonaktifkan, dengan tautan yang baru yang tidak menyebutkan kata "terorisme." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat