visitaaponce.com

Biden Dukung Pernyataan Israel tentang Pengeboman Rumah Sakit Gaza

Biden Dukung Pernyataan Israel tentang Pengeboman Rumah Sakit Gaza
Presiden AS Joe Biden (kiri) bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023.(AFP/Brendan Smialowski.)

PRESIDEN Amerika Serikat Joe Biden dalam kunjungan solidaritas ke Israel pada Rabu (18/10) mendukung pernyataan sekutunya bahwa militan Palestina menyebabkan serangan rumah sakit yang menghancurkan di Gaza. Biden menambahkan bahwa Hamas, "Hanya membawa penderitaan."

"Saya sangat sedih dan marah atas ledakan di rumah sakit di Gaza kemarin. Dan berdasarkan yang saya lihat, sepertinya ledakan itu dilakukan oleh pihak lain, bukan Anda," kata Biden saat membuka pertemuan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di Tel Aviv.

"Namun ada banyak orang di luar sana yang tidak yakin sehingga kita harus mengatasi banyak hal," kata Biden.

Baca juga: Abbas Desak Israel Sudahi Kebiadabannya di Palestina

Otoritas kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas mengatakan ledakan itu menewaskan antara 200 dan 300 orang dan disebabkan oleh gelombang serangan udara Israel terbaru. Militer Israel menyalahkan militan Palestina dengan mengatakan bahwa roket Jihad Islam yang diluncurkan salah sasaran dan akan memberikan bukti.

"Kita harus ingat bahwa Hamas tidak mewakili seluruh rakyat Palestina dan hanya membawa penderitaan bagi mereka," kata Biden.

Baca juga: Jihad Islam Sebut Israel Sudah Sering Berdusta

Biden mengatakan dia mendorong Netanyahu untuk memastikan, "Kapasitas penyelamatan nyawa untuk membantu warga Palestina yang tidak bersalah dan terjebak di tengah-tengah hal ini."

Saat mengumumkan kunjungan Biden, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan bahwa Israel telah setuju untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam rencana memasukkan bantuan ke Gaza yang dikepung dan dibombardir selama 12 hari dan berada di bawah blokade Israel selama 17 tahun.

Baca juga: Gedung Putih Batalkan Klaim Biden Lihat Foto Anak Dipenggal Hamas

Israel mengancam akan melakukan invasi darat menyusul serangan dahsyat yang dilakukan militan Hamas pada 7 Oktober. Biden mengatakan dia bangga mengunjungi Israel. "Saya ingin mengatakan kepada rakyat Israel--keberanian, komitmen, dan keberanian mereka sungguh menakjubkan," kata Biden. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat