visitaaponce.com

Kinerja Jeblok, Wakil PM Denmark Mundur dari Gelanggang Politik

Kinerja Jeblok, Wakil PM Denmark Mundur dari Gelanggang Politik
Jakob Ellemann-Jensen memberikan keterangan pers mengenai pensiunnya dia dari politik, Senin (23/10).(AFP)

WAKIL Perdana Menteri Denmark Jakob Ellemann-Jensen menyatakan pensiun dari politik pada Senin (23/10), sekaligus dari tampuk kepemimpinan Partai Liberal Venstre. Alasan kemundurannya karena dia menyadari kinerjanya yang jeblok.

“Kehadiran saya menghalangi Partai Liberal untuk memperbaiki posisinya,” katanya. 

“Oleh karena itu, saya sekarang mengambil tanggung jawab dan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Liberal. Kaum Liberal tidak mendapat dukungan yang seharusnya dimiliki kaum Liberal,” katanya dikutip dari Anadolu.

Baca juga : Ukraina Dapatkan F-16 dari Belanda dan Denmark

Pengunduran diri tersebut terjadi di tengah jajak pendapat yang menunjukkan ketidaksetujuan publik terhadap kinerja partai. 

Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa hanya 8,5% pemilih di Denmark yang akan mendukung partai tersebut jika pemilu diadakan hari ini. 

Baca juga : Ratu Denmark Cabut Gelar Bangsawan Empat Cucunya

Ellemann Jense telah menjadi anggota parlemen sejak 2011 lalu dan mengambil alih jabatan pemimpin partai pada akhir 2019. Partai yang dipimpinnya memperoleh 13,3% suara dalam pemilu November 2022 lalu.

Keputusannya mundur dari gelanggang politik dilakukan hanya beberapa bulan setelah dia kembali dari cuti enam bulan karena stres dan terlalu banyak bekerja.

Selanjutnya, rekannya di partai dan menteri pertahanan Troels Lund Poulsen akan mengambil alih tanggung jawabnya di pemerintahan.

Wakil ketua Venstre Stephanie Lose akan mengambil alih tugas organisasi partai, hingga pemilihan pemimpin partai baru pada konferensi tahunan partai pada bulan November. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat