visitaaponce.com

Pemimpin Iran Khamenei Sebut AS Arahkan Pengeboman Israel di Gaza

Pemimpin Iran Khamenei Sebut AS Arahkan Pengeboman Israel di Gaza
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menunjukkan dia berbicara di depan audiensi di Teheran pada 25 Oktober 2023.(AFP/Khamenei.ir.)

PEMIMPIN tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Rabu (25/10) menuduh Amerika Serikat mengarahkan serangan yang dilakukan Israel terhadap Hamas di Gaza sebagai tanggapan terhadap serangan 7 Oktober. Israel telah membombardir Jalur Gaza sejak kelompok bersenjata Hamas menyerbu perbatasannya dengan Israel dan, menurut para pejabat Israel, menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Kementerian Kesehatan yang dikuasai Hamas mengatakan pada Rabu bahwa 6.545 orang telah tewas di Gaza sejak konflik pecah, termasuk 2.704 anak-anak. "Amerika jelas merupakan kaki tangan para penjahat," kata Khamenei dalam pidatonya di Teheran.

"Amerika Serikat dalam beberapa hal mengarahkan kejahatan yang dilakukan di Gaza." Khamenei mengatakan tangan orang Amerika, "Tercemar oleh darah orang-orang tertindas, anak-anak, pasien, wanita, dan lain-lain."

Baca juga: Serangan Israel Bunuh Delapan Tentara Suriah, Hantam Bandara Aleppo

Amerika Serikat, musuh bebuyutan Iran, telah memindahkan dua kapal induk ke Mediterania timur dalam tindakan yang dikatakannya bertujuan menghalangi Iran dan Hizbullah Libanon, keduanya sekutu Hamas, untuk terlibat dalam perang Hamas-Israel.

Pekan ini mereka juga mengonfirmasi bahwa pihaknya mengirim beberapa penasihat militer ke Israel sebagai bagian dari dukungannya terhadap sekutu dekatnya.

Baca juga: Hamas Sebut Pemadaman Listrik di RS Indonesia Kejahatan terhadap Kemanusiaan

Iran, yang secara finansial dan militer mendukung Hamas, memuji serangan 7 Oktober terhadap Israel sebagai kesuksesan.

Namun republik Islam tersebut berkeras bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan tersebut. Serangan itu menyandera lebih dari 220 orang, menurut pihak berwenang Israel.

"Biarkan semua orang tahu bahwa dalam masalah ini dan masa depan, bangsa Palestina ialah pemenang dan dunia masa depan ialah dunia Palestina, bukan dunia rezim Zionis," kata Khamenei merujuk pada Israel.

Pada Selasa, Menteri Luar Negeri Antony Blinken memperingatkan Iran bahwa Amerika Serikat akan menanggapi dengan tegas terhadap setiap serangan yang dilakukan oleh proksi Teheran, ketika ketegangan meningkat akibat konflik tersebut.

"Amerika Serikat tidak ingin berkonflik dengan Iran. Kami tidak ingin perang ini meluas," kata Blinken pada sesi Dewan Keamanan PBB.

"Namun jika Iran atau proksinya menyerang personel AS di mana pun, jangan salah, kami akan membela rakyat kami. Kami akan mempertahankan keamanan kami dengan cepat dan tegas," katanya.

Republik Islam tersebut mengecam Blinken atas yang dikatakannya sebagai upayanya untuk menyalahkan Iran. "Iran dengan tegas menolak tuduhan tidak berdasar ini," kata perwakilan tetap Iran untuk PBB Amir Saeid Iravani. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat