visitaaponce.com

Biden Minta Israel Lindungi Warga Sipil

Biden Minta Israel Lindungi Warga Sipil
Presiden AS Joe Biden dan Ibu Negara Jill(AFP/SAUL LOEB)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Rabu (25/10), menegaskan Israel memiliki hak untuk membalas serangan Hamas pada 7 Oktober namun 'Negeri Zionis' itu tetap harus bekerja keras untuk melindungi keselamatan warga sipil.

Saat dunia internasional menuntut segera digelarnya gencatan senjata, Biden, dalam sebuah konferensi pers bersama Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, menegaskan dirinta tidak bisa meminta Israel menunda invasi darat ke Gaza.

"Israel memiliki hak, namun saya mau menambahkan, secara bertanggung jawab, untuk membalas pembantaian rakyat mereka," ujar Biden kepada wartawan di Gedung Putih.

Baca juga: Erdogan Sebut Hamas Pejuang Kemerdekaan, Israel Marah

Biden menuding Hamas sengaja berlindung di balik warga sipil Palestina saat Israel membombardir Jalur Gaza. Meski begitu, Presiden AS itu mengingatkan Israel untuk mematuhi aturan perang.

"Israel harus bekerja sekuat tenaga, meski sulit, untuk melindungi warga sipil," kata Biden.

Biden juga meminta para pemukin Israel untuk berhenti menyerang warga Palestina di Tepi Barat.

Baca juga: Parlemen Libia Usir Diplomat Asal Negara-Negara yang Dukung Israel

"Apa yang mereka lakukan bak menyiram bensin ke api. Mereka menyerang warga Palestina di wilayah mereka sendiri. Itu harus dihentikan," tegasnya.

Israel telah membombardir Jalur Gaza sejak 7 Oktober ketika pejuang Hamas memasuki wilayah 'Negeri Zionis' itu dan menewaskan 1.400 orang dan menculik 222 lainnya.

Sejauh ini, lebih dari 6.500 warga Palestina telah tewas, mayoritas warga sipil, akibat gempuran Israel ke Jalur Gaza. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat