visitaaponce.com

Pentingnya Target Penghentian Penggunaan Bahan Bakar Fosil di COP28 Pesan Kepala Iklim UE

Pentingnya Target Penghentian Penggunaan Bahan Bakar Fosil di COP28: Pesan Kepala Iklim UE
Ilustrasi - Penghentian penggunaan bahan bakar fosil(AFP)

PERMINTAAN akan sasaran untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil dalam kesepakatan terakhir COP28 di Dubai bukanlah permintaan yang sepele. Permintaan itu mendesak yang didukung oleh ilmu pengetahuan yang jelas dan tegas, kata komisioner iklim Eropa kepada AFP pada hari Selasa.

Uni Eropa bersedia untuk mengambil "langkah-langkah tambahan" untuk membantu negara-negara berkembang, terutama dalam hal kerusakan iklim, ungkap komisioner baru, Wopke Hoekstra, yang telah menjadi sorotan tajam karena pengalaman masa lalunya di industri minyak.

Namun, ini berarti semua negara kaya perlu mulai berkontribusi, tambahnya dari ibu kota Uni Emirat Arab, di mana menteri dan negosiator berkumpul selama dua hari pertemuan persiapan sebelum COP28 bulan depan.

Baca juga: Kontroversi Juragan Minyak di KTT Iklim

Isu Utama

Pada pertemuan lanjutan ini, UE membahas "elemen-elemen inti" yang, kata komisioner Belanda, akan "menentukan hasil dan keberhasilan" pembicaraan iklim PBB yang akan datang.
Elemen-elemen tersebut meliputi mitigasi, dana kerugian dan kerusakan, hingga adaptasi.

Baca juga: IKN Akan Luncurkan Komitmen Sebagai Kota Nol Emisi Karbon di COP 28 Dubai

Dalam hal mitigasi, Hoekstra mengatakan, UE memiliki "keinginan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil," untuk mencapai puncak emisi gas rumah kaca global tahun 2025, melipatgandakan energi terbarukan dan meningkatkan efisiensi energi dua kali lipat pada 2030.

"Tentu saja beberapa dari item-item ini kurang kontroversial: akan lebih mudah untuk bersatu di sekitar sasaran energi terbarukan dan sasaran efisiensi energi daripada menghentikan penggunaan bahan bakar fosil," katanya.

Mengacu pada pidato Sultan Al Jaber yang akan menjadi tuan rumah pembicaraan, di mana ia mengatakan "ilmu pengetahuan harus memimpin kita," Hoekstra mengatakan hal itu seharusnya tidak diterapkan "selektif" tetapi berlaku untuk kebijakan dan keputusan.

"Kita juga perlu mengakui bahwa diperlukan lebih banyak dana. Ilmuwan mengatakan kepada kita bahwa hal tersebut diperlukan dan jendela kesempatan semakin sempit," tambahnya.

Keuangan Iklim

Uni Eropa telah menjadi pemimpin di antara negara-negara maju dalam upaya untuk memenuhi janji memberikan bantuan sebesar US$100 miliar per tahun kepada negara-negara berkembang, dengan memberikan kontribusi sekitar US$26 miliar yang "sangat substansial," katanya.

"Kami sangat bersedia dan berkomitmen untuk membantu menyiapkan dana kerugian dan kerusakan baru bagi negara-negara yang rentan."

Meskipun parameter yang tepat dari dana tersebut masih menjadi perdebatan sengit, dia memperingatkan "kita hanya bisa melakukannya dengan benar sekali."

"Dana ini memang ditujukan untuk mereka yang paling membutuhkan... terutama, negara-negara kepulauan kecil yang jelas-jelas paling menderita akibat perubahan iklim dan sama sekali tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi," katanya.

Mengenai kontribusi dana, katanya, harus melibatkan semua yang memiliki kemampuan untuk membayar di antara negara-negara.

Tanpa menunjuk satu negara tertentu, katanya dengan meranking negara-negara berdasarkan PDB, sudah jelas siapa yang telah mengalami kemajuan ekonomi dan dengan menjadi kekuatan ekonomi yang besar, datang banyak tanggung jawab.

Namun, dua hari pembicaraan pra-COP28 di Abu Dhabi pada Selasa berakhir dengan banyak komentar positif namun tanpa kesepakatan. Isu utama yang muncul dalam pembicaraan sebelumnya tahun ini tentang struktur, penerima manfaat, dan kontributor dana adalah negara-negara kaya ingin Tiongkok, negara-negara Teluk, dan Singapura untuk ikut berkontribusi.

Dana ini bukan hanya mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh perubahan iklim -- yang diakibatkan oleh negara-negara industri terkemuka -- terhadap negara-negara miskin, tetapi juga akan memperkuat "sesuatu yang sangat penting, meskipun abstrak, yang disebut kepercayaan" antara Utara dan Selatan, kata Hoekstra.

Tanggal Penghentian Bahan Bakar Fosil

Ketika ditanya apakah UE akan mencari kesepakatan akhir mengenai sasaran untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil dalam pembicaraan COP28, Hoekstra menjawab; "para ahli paling terkemuka di dunia (menyatakan) bahwa kita memerlukan lebih banyak tindakan". "Tindakan tersebut memerlukan pengurangan cepat penggunaan bahan bakar fosil secara umum, dan khususnya batu bara," katanya.

"Ini bukan perkara sembrono dari Uni Eropa," katanya. "Ini bukan masalah memilih-memilih, atau taktik politik."

Kita tidak dapat menunggu 10 tahun untuk menetapkan skema, katanya, karena "kesempatan semakin berkurang" dan "generasi mendatang membutuhkan kita untuk bertindak sekarang". (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat