visitaaponce.com

Menlu Retno Ajak Negara-negara Anggota OKI Selamatkan Warga Gaza

Menlu Retno Ajak Negara-negara Anggota OKI Selamatkan Warga Gaza
Mentei Luar Negeri Retno Marsudi berbicara di Konferens Internasional OKI di Jeddah, Arab Saudi(X @Menlu_RI)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi mewakili Asia di Konferensi Internasional Organisasi Kerja sama Islam (OKI) yang mengangkat tema mengenai perempuan dalam Islam. Dalam kesempatan itu, ia membahas mengenai nasib perempuan di Jalur Gaza.

"Saya mendapat kehormatan untuk berbicara atas nama Grup Asia di Konferensi Internasional @OIC_OCI tentang Women in Islam di Jeddah, 6 November 2023," kata Retno dikutip dari akun X, Selasa (7/11).

Menurut dia ribuan perempuan Palestina di Jalur Gaza membutuhkan uluran tangan negara-negara anggota OKI. Mereka sedang menantikan kekuatan yang dapat memenuhi seluruh hak-hak dasar.

Baca juga : Menlu Retno Marsudi Temui Qatar Bicarakan Situasi Gaza

"Saat ini, ribuan perempuan Palestina di Gaza menderita. Kita tidak boleh melupakan penderitaan mereka," ujar Retno.

Dalam pidatonya, Retno mengatakan bahwa negara-negara Asia menggarisbawahi tiga isu dalam Konferensi Internasional OICOCI tentang Women in Islam. Pertama, membangun pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya hak-hak perempuan.

"Kedua, mengutamakan unsur-unsur penting dalam pemberdayaan perempuan, dan terakhir menciptakan mekanisme yang efektif untuk saling mendukung," jelas Retno.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat setidaknya 10.022 warga Palestina telah tewas dalam perang Israel-Hamas sejak 7 Oktober lalu. Dari angka tersebut, sebanyak 4.104 di antaranya adalah anak-anak dan 2.641 perempuan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat