visitaaponce.com

Presiden Ukraina Berjanji Ukraina Akan Bergabung dengan Uni Eropa

Presiden Ukraina Berjanji Ukraina Akan Bergabung dengan Uni Eropa
Volodymyr Zelensky, bersumpah negaranya akan menjadi bagian dari Uni Eropa, jelang publikasi laporan kemajuan Kyiv sebagai calon negara.(AFP)

PRESIDEN Ukraina, Volodymyr Zelensky, bersumpah negaranya akan menjadi bagian dari Uni Eropa. Pernyataannya itu menjelang publikasi laporan tentang kemajuan Kyiv sebagai calon negara.

"Besok adalah hari penting," katanya dalam pidato harian kepada negara, menggambarkan laporan yang akan datang sebagai "sejarah."

Komisi Eropa dijadwalkan akan menyampaikan laporan pada hari Rabu tentang kemajuan yang dicapai oleh Ukraina, Moldova, dan Georgia. Laporan itu memutuskan apakah akan membuka negosiasi keanggotaan atau tidak, sebelum 27 anggota serikat tersebut membahas masalah ini dalam pertemuan puncak di Brussels pada pertengahan Desember.

Baca juga: Zelensky Mengatakan Belum Saatnya untuk Pemilu

Zelensky mengatakan negaranya sedang mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya, termasuk dengan memperkuat institusi-institusinya. "Ukraina akan bergabung dengan UE," kata Zelensky, merujuk pada "perjalanan panjang" yang telah dilalui menuju tujuan itu.

Dia mengakui bahwa ini akan memerlukan upaya dari Kyiv untuk mengadaptasi diri ke standar UE. Dalam langkah simbolis, UE memberikan status calon kepada Ukraina pada bulan Juni 2022.

Baca juga: Zelensky Belum Siap Berdamai dengan Putin

Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pembukaan pembicaraan keanggotaan, Komisi Eropa telah menetapkan tujuh tolok ukur yang harus dipenuhi oleh Kyiv.

Mereka termasuk syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam perang melawan korupsi yang merajalela dan reformasi peradilan.

Pada bulan September, Presiden Komisi, Ursula von der Leyen, mengatakan bahwa Ukraina telah membuat kemajuan signifikan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat