visitaaponce.com

Presiden Kuba Pimpin Unjuk Rasa Dukung Palestina

Presiden Kuba Pimpin Unjuk Rasa Dukung Palestina
Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel (tengah), bersama para pemimpin lain, ikut serta dalam pawai mendukung rakyat Palestina di Havana.(AFP/Yamil Lage.)

PRESIDEN Kuba Miguel Diaz-Canel memimpin demonstrasi besar-besaran pada Kamis (24/11) untuk mendukung warga Palestina ketika Israel melancarkan perang terhadap Hamas di Jalur Gaza. Para pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Palestina mengkritik Amerika Serikat atas dukungannya terhadap Israel ketika prosesi tersebut berlangsung di sepanjang kawasan pejalan kaki tepi pantai yang disebut Malecon, di bawah terik matahari Karibia.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan di X, sebelumnya Twitter, bahwa 100.000 orang mengambil bagian dalam pawai selama satu jam. Ini diselenggarakan oleh asosiasi kelompok pemuda di negara yang dikelola komunis tersebut.

"Yang diinginkan generasi muda dalam aksi ini ialah agar serangan terhadap Palestina dihentikan,” kata Cristina Diaz, 22, seorang mahasiswa jurusan fisika di Universitas Havana. Kedua belah pihak menderita dalam perang yang dipicu oleh serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, katanya. 

Baca juga: Bantai Rakyat Palestina Rugikan Israel Rp747 Triliun

"Akan naif jika menganggap ini perang," tambahnya. "Ini genosida."

Diaz-Canel berjalan memimpin unjuk rasa bersama istrinya, Lis Cuesta, dan pejabat senior pemerintah.
Ketika para pengunjuk rasa berjalan melewati Kedutaan Besar AS di jalan tepi pantai, beberapa di antara mereka berteriak, "Orang-orang fasis, Anda teroris."

Baca juga: Pejuangnya Tewas, Hizbullah Libanon Intensifkan Serangan ke Israel

Demonstrasi ini merupakan yang terbesar dari beberapa demonstrasi pro-Palestina yang diadakan di Kuba sejak perang dimulai. Warga Palestina yang belajar kedokteran di Kuba juga ambil bagian.

"Terima kasih banyak kepada masyarakat dan pemerintah Kuba yang selalu mendukung Palestina," kata Isaam Aldawodeh, 22, salah satu mahasiswa. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat