visitaaponce.com

Serangan Israel di RS Indonesia Tewaskan Seorang Perempuan

Serangan Israel di RS Indonesia Tewaskan Seorang Perempuan
Serangan Israel semakin intens jelang gencatan senjata. Serangan terbaru menghantam RS Indonesia dan menewaskan seorang perempuan.(AFP)

JELANG diterapkannya gencatan senjata empat hari, Israel justru mengintensifkan serangan ke Gaza. Serangan terbaru menghantam Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza dan menewaskan seorang perempuan.

“Seorang perempuan tewas sementara tiga lainnya terluka setelah pasukan Israel menyerbu Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara,” ujar Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Gaza Munir al-Bursh.

Pasukan Israel menangkap tiga orang di rumah sakit, imbuh al-Bursh. RS Indonesia telah menghentikan operasinya karena kekurangan bahan bakar dan kekurangan pasokan medis.

Baca juga: PBNU: Donasi dan Diplomasi Lebih Efektif Bantu Palestina Ketimbang Boikot

Diperkirakan ada 550 pasien yang masih dirawat di RS tersebut, Kamis (23/11), bersama 200 pekerja medis dan 1.500 warga Palestina yang mengungsi, yang mencari perlindungan di fasilitas medis setelah meninggalkan rumah mereka akibat serangan Israel.

Pasukan Israel telah mengancam akan menggerebek RS tersebut selama berhari-hari dan memerintahkan rumah sakit tersebut untuk dievakuasi. Setidaknya 12 orang tewas dalam tembakan artileri Israel yang menghantam RS Indonesia awal pekan ini.

Baca juga: Netanyahu Semakin Tidak Dipercaya

Israel mengintensifkan pemboman terhadap Jalur Gaza dari udara, darat dan laut selama periode 24 jam antara Rabu dan Kamis (23/11) sore, menjelang gencatan senjata yang dijadwalkan dimulai pada Jumat (24/11). “Banyak korban telah dilaporkan,” kata Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) dalam laporan situasi terbarunya mengenai Gaza dan Tepi Barat yang diduduki.

Sekitar 200 pasien dan staf medis sedang menunggu evakuasi dari RS Indonesia di Gaza, yang dikelilingi oleh tank Israel dan kembali mendapat serangan dari pasukan Israel pada Kamis (23/11) malam.

Tidak disebutkan seberapa parah kerusakan RS yang dibangun dengan dana sumbangan Indonesia tersebut. Sementara seorang bayi di dalam inkubator termasuk di antara tiga anak yang meninggal di RS Kamal Adwan di wilayah Jabalia, Gaza utara, pada Rabu (22/11) karena kekurangan listrik. Sementara puluhan lainnya menjadi korban jiwa akibat pengeboman Israel di sekitar RS tersebut.

Serangan udara terhadap bangunan tempat tinggal di wilayah Rafah dan Khan Younis di Gaza selatan pada Rabu malam dan Kamis sore menewaskan sedikitnya 28 orang dan melukai banyak lainnya.

Selama periode yang sama, pasukan Israel membunuh seorang remaja Palestina berusia 14 tahun di Nablus Tepi Barat yang diduduki dan menembak serta membunuh seorang pria Palestina yang sedang bepergian dengan kendaraannya di Ramallah.

Sejak 7 Oktober, 211 warga Palestina 54 di antaranya anak-anak telah dibunuh oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki. Empat warga Israel telah terbunuh dalam periode yang sama. Sedangkan hingga Kamis, 75 tentara Israel telah tewas di Gaza sejak dimulainya invasi darat Israel. Lebih dari 14.800 warga Palestina tewas di Gaza sejak 7 Oktober. Di Israel, jumlah resmi korban tewas akibat serangan Hamas mencapai sekitar 1.200 orang. (Aljazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat