visitaaponce.com

Korban Tewas Akibat Banjir di Somalia Meningkat Jadi 96 Orang

Korban Tewas Akibat Banjir di Somalia Meningkat Jadi 96 Orang
Warga berjalan di tengah banjir yang merendam wilayah Somalia.(AFP)

KORBAN tewas akibat hujan lebat dan banjir di Somalia telah meningkat menjadi 96 orang, kata kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (SoDMA) Mohamud Moalim pada Kamis (23/11). Sementara itu, dua juta orang juga terkena dampaknya.

Pemerintah Somalia meminta masyarakat dan lembaga bantuan untuk meningkatkan dukungan dalam membantu masyarakat yang terkena dampak banjir akibat el nino. Negara bagian Hirshabelle di bagian tengah-selatan serta negara bagian Barat Daya dan Jubaland adalah wilayah yang paling parah terkena dampaknya.

Menurut Kementerian Urusan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana Jubaland, 954.255 orang terkena dampaknya di negara bagian tersebut saja.

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat dan Banjir Rob Landa Jakarta di Akhir November

“Angka-angka ini mengkhawatirkan dan diperkirakan akan meningkat seiring dengan terus turunnya hujan dan naiknya permukaan sungai,” kata Menteri Perikanan dan Ekonomi Biru negara bagian Jubaland Ahmed Hassan Omar, Jumat, (24/11).

Dia mengatakan bantuan mendesak diperlukan di daerah-daerah yang terkena dampak paling parah karena semua jalan dan sebagian besar landasan udara di negara bagian tersebut terputus akibat banjir.

Baca juga: Kenaikan Suhu Laut Cina Selatan Sebabkan Cuaca Ekstrem di Tanah Air

“Intervensi mendesak diperlukan di kabupaten-kabupaten yang terkena dampak. Barang-barang yang sangat dibutuhkan termasuk makanan, tempat tinggal, obat-obatan dan perahu untuk evakuasi di daerah terpencil,” tambahnya.

Curah hujan deras di Somalia diperkirakan akan berdampak pada 3,7 juta hektar lahan pertanian. Ketika negara ini mengalami krisis kemanusiaan, badan-badan bantuan mengatakan Rencana Respon Kemanusiaan 2023 untuk Somalia, yang mencari dana sebesar US$2,6 miliar untuk membantu 7,6 juta orang, masih kekurangan dana secara signifikan.

Sebanyak 39%, menuntut tindakan segera untuk menjembatani kesenjangan keuangan. Somalia telah menyatakan darurat kemanusiaan nasional akibat banjir.

(Anadolu/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat