visitaaponce.com

Jokowi Ajak Pemuka Agama di Dunia Dukung Kemerdekaan Palestina

Jokowi Ajak Pemuka Agama di Dunia Dukung Kemerdekaan Palestina
Presiden Joko Widodo(AFP)

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peran para tokoh agama di dunia dalam menciptakan perdamaian, terutama di Palestina. Ia menegaskan pentingnya kemerdekaan bagi rakyat Palestina. Tragedi kemanusiaan yang disebabkan Israel adalah hal di luar nalar yang tidak bisa diterima akal sehat. Semua itu ia sampaikan saat membuka R20 International Summit of Religious Authorities (ISORA) di Jakarta, Senin (27/11).

"Sungguh tidak masuk di nalar, sungguh tidak masuk di dalam nurani kita, di dunia yang super modern sekarang ini masih terjadi perang dan pembantaian secara terang-terangan yang merenggut warga sipil yang merenggut perempuan dan anak-anak. Tragedi kemanusiaan di palestina tidak bisa di tolelir sedikitpun," ujar Jokowi.

Presiden mengatakan gencatan senjata harus segera dilakukan, pengiriman bantuan kemanusiaan harus dipercepat, dan perundingan damai harus segera dimulai. Indonesia, ucapnya, meyakini bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Itu secara tegas dinyatakan dalam konstitusi.

Baca juga: Pertemuan R20 Diharapkan Hadirkan Solusi bagi Konflik di Gaza

"Indonesia juga memiliki pengalaman panjang dalam merajut keberagaman dalam menjembatani perbedaan perbedaan dan dalam mempersatukan kemajemukan," ucapnya.

Ia pun berterima kasih pada para pemuka agama serta perwakilan negara sahabat yang sudah hadir untuk mengupayakan perdamaian di Palestina.

Baca juga: Puluhan Ribu Warga Maroko Gelar Demonstrasi Pro-Palestina

"Perdamaian tidak akan mampu diwujudkan jika tidak didukung oleh para pemimpin agama yang mengajarkan cinta Tanah Air adalah bagian dari iman, toleransi terhadap perbedaan-perbedaan adalah bagian dari iman, dan menjaga persatuan juga bagian dari iman," jelasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat