visitaaponce.com

Jurnalis Palestina-Kanada Dipecat Jaringan Besar Kanada karena Pro-Palestina

Jurnalis Palestina-Kanada Dipecat Jaringan Besar Kanada karena Pro-Palestina
Yara Jamal.(Dok Instagram.)

JURNALIS Palestina-Kanada, Yara Jamal, dipecat dari jaringan media besar Kanada. Ini karena sikapnya yang pro-Palestina.

Kejadian itu menyoroti ketegangan seputar kebebasan media dan ketidakberpihakan dalam konflik Israel-Palestina. Jamal, satu-satunya perempuan Palestina dan Timur Tengah di ruang redaksinya, menghadapi pemecatan setelah pernyataan wawancaranya.

"Orang Yahudi bisa eksis. Ideologi Zionis tidak bisa. Negara Israel tidak bisa ada di Palestina yang merdeka," demikian ungkapan Jamal sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Rabu (29/11).

Baca juga: AS Minta Israel Persempit Zona Tempur dalam Serangan ke Gaza Selatan

Pemecatan itu terjadi segera setelah rangkaian pesan di Twitter menjulukinya sebagai anti-Semit. Jaringan media tersebut mengutip pelanggaran perjanjian bersama tetapi tidak merinci pelanggaran tersebut. 

Pengalaman Jamal tentang rasisme dan ketidaknyamanan anti-Palestina di ruang redaksi tidak ditangani oleh bagian HR. 

Baca juga: Hamas dan Israel Perpanjang Gencatan Senjata, Tepi Barat Terus Digempur

Menurut TRT World, "Saya ditanya apakah saya menyesali yang saya katakan tentang negara Israel dan saya menjawab tidak," ungkap Jamal.

Awal bulan ini, jurnalis Zahraa Al-Akhrass mengatakan dia dipecat dari Global News, saluran TV Kanada. Pemecatan itu karena alasan yang serupa dengan Jamal. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat